e-sinaukomputer: BAB 9 | FUNGSI STATISTIK - Menggunakan Fungsi Statistik untuk Pengolahan Data

Jumat, 05 Juni 2020

BAB 9 | FUNGSI STATISTIK - Menggunakan Fungsi Statistik untuk Pengolahan Data

Indikator Hasil Pembelajaran
  1. Mampu mendefenisikan fungsi statistik.
  2. Mampu menggunakan fungsi statistik sederhana.
  3. Mampu melakukan perhitungan sederhana dengan formula.
  4. Mampu membuat tabel data perhitungan.


URAIAN MATERI
Microsoft Excel menyediakan fasilitas yang benar-benar bermanfaat untuk pengolahan data. Dengan memasukkan data pada Ms. Excel data tersebut dapat diolah dengan menggunakan fungsi dan formula yang sangat lengkap untuk perhitungan, baik perhitungan sederhana ataupun perhitungan yang lebih kompleks. Pada modul ini akan membahas penggunaan rumus sederhana pada data.

RUMUS SEDERHANA PADA MICROSOFT EXCEL
Formula atau rumus merupakan persamaan kalkulasi dari nilai pada lembar kerja. Suatu formula akan dimulai dengan tanda sama dengan (=).

Formula dapat berisi fungsi, keterangan, operator dan konstanta lihat gambar 9.1 untuk mendapat gambaran yang lebih jelas.
Gambar 9.1 Bagian-bagian dari Formula

Keterangan Gambar 9.1
(1) Fungsi
Pada gambar 9.1 fungsi ini adalah fungsi phi yang mengembalikan nilai 3.14
(2) Nama (Keterangan)
A2 akan mengembalikan nilai pada Sel A2
(3) Konstanta
Nilai angka atau teks yang dimasukkan secara langsung kedalam Formula
(4) Operator
Operator ^ dan * merupakan operator perhitungan, operator perhitungan memiliki urutan prioritas pemrosesan. Prioritas tersebut adalah sebagai berikut dari prioritas yang tertinggi adalah:
Operator pemangkatan ^
Operator pembagian /
Operator perkalian *
Operator penambahan +
Operator pengurangan –

FUNGSI-FUNGSI SEDERHANA PADA MICROSOFT EXCEL
Fungsi adalah jenis rumus khusus yang disediakan oleh Excel untuk memudahkan pemrosesan data yang banyak dan bervariasi. Suatu fungsi selalu dilengkapi argumen yang dapat berupa angka, label, atau range. Contoh :
=SUM(16) merupakan fungsi yang diikuti oleh argumen angka.
=SUM(D8) merupakan fungsi yang diikuti dengan argumen sel.
=SUM(C4*10%) merupakan fungsi yang diikuti argumen rumus.

FUNGSI MATEMATIKA DAN STATISTIK
Fungsi matematika dan fungsi statistik biasanya digunakan dalam pemrosesan perhitungan data yang berjenis numrik. Berikut ini adalah beberap fungsi statistik dan matematik yang terdapat di aplikasi Excel.

FUNGSI

NAMA FUNGSI

ABS

Menentukan harga mutlak dari suatu data numerik. Contoh: =ABS(-20) hasilnya 20

ROUND

Membulatkan angka hingga desimal yang ditentuka. Contoh: ROUND(20.477;1) hasilnya adalah 20.5.

SQRT

Menghitung kuadrat suatu angka. Contoh: =SQRT(100) hasilnya 10

LOG10

Menghitung logaritma dengan bilangan dasar 10. Contoh: =LOG10(100)

SIN,COS,TAN

Menghitung nilai dari Sinus, Cosinus dan Tangen

COUNT

Menghitung banyak data yang bukan kosong disuatu range. Contoh: =COUNT(H2:H9)

SUM

Digunakan untuk perhitungan data numerik. Contoh: =SUM(D2:D5) atau =SUM(D2-E3)

AVERAGE

Menghitung jumlah rata-rata dari angka-angka dalam satu range dengan menjumlahkan sederetan nilai numerik lalu membagi hasilnya dengan jumlah nilai. Contoh: =AVERAGE(H2:H9)

STDEV

Menghitung standar deviasi. Contoh: =STDEV(H2:H9)

VAR

Menghitung variance dalam suatu range.

MAX

Mencari data terbesar dari suatu range.

MIN

Mencari data terkecil dari suatu range.

MODE

Menentukan nilai yang sering muncul dalam suatu range.

MEDIAN

Menentukan nilai tengah dari data pada suatu range.

QUARTILE

Menentukan nilai quartile dari suatu range dengan memberi nilai nuntuk menentukan quartile yang diminta. Contoh: =QUARTILE(B2:D10,3).

Pada modul ini akan dibahas fungsi matematika dan fungsi statistik diatas sebagai dasar untuk mempelajari perhitungan pada Excel untuk tingkat ini akan terlebih dahulu dibahas perhitungan-perhitungan sederhana.

PENGOLAHAN DATA SEDERHANA
Berikut ini akan dilakukan pengolahan data sederhana menggunakan rumus dan fungsi sederhana yang dimiliki Excel. Buatlah data Laporan Penjualan seperti pada gambar 9.2 dibawah ini.
Gambar 9.2 Data Laporan Penjualan

Pengaturan pada Column/Kolom:
Lebar Column A:   = 0.5
Lebar Column B:   = 30
Lebar Column C:F = 8
Lebar Column G:K = 6
Lebar Column L:   = 0.5

Pengaturan pada  Row/Baris:
Baris 5 Row Height Baris = 80

Pengaturan Font:
Font Style: Calibri

LAPORAN PENJUALAN size: 25, hitamkan (Bold)
Gabungkan range B1:K1 dengan Merge Cell.

Nama dan Kelas size: 14, hitamkan (Bold).
Nama: Gabungkan range B2:K2 dengan Merge Cell.
Kelas: Gabungkan range B3:K3 dengan Merge Cell.

Content atau Isi Laporan size: 12

Pada Nama Barang di Column B satukan baris 4 dan 5 menggunakan merge cell.

Lakukan perhitungan rumus untuk kolom JUMLAH BARANG sebagai berikut:
  • Posisikan kursor pada sel G6
  • Masukkan rumus =SUM(C6:F6) pada Formula Bar untuk mencari JUMLAH BARANG.
  • Hasil penjumlahan menggunakan fungsi SUM akan mengembalikan nilai 16 (lihat SEL G6)
  • Lakukan penjumlahan yang sama pada kolom JUMLAH BARANG menggunakan formula yang sama.
Lakukan perhitungan rumus untuk kolom RATA-RATA sebagai berikut:
  • Posisikan kursor pada sel H6
  • Masukkan rumus =AVERAGE(C6:F6) pada Formula Bar untuk mencari RATA-RATA.
  • Lakukan perataan nilai yang sama pada kolom RATA-RATA menggunakan formula yang sama.
Lakukan perhitungan rumus untuk kolom NILAI TERTINGGI sebagai berikut:
  • Posisikan kursor pada sel I6
  • Masukkan rumus =MAX(C6:F6) pada Formula Bar untuk mencari NILAI TERTINGGI
  • Lakukan pencarian nilai tertinggi yang sama pada kolom NILAI TERTINGGI menggunakan formula yang sama.
Lakukan perhitungan rumus untuk kolom NILAI TERENDAH sebagai berikut:
  • Posisikan kursor pada sel J6
  • Masukkan rumus =MIN(C6:F6) pada Formula Bar untuk mencari NILAI TERENDAH
  • Lakukan pencarian nilai terendah yang sama pada kolom NILAI TERENDAH menggunakan formula yang sama.
Lakukan perhitungan rumus untuk kolom JUMLAH DATA sebagai berikut:
  • Posisikan kursor pada sel K6
  • Masukkan rumus =COUNT(C6:F6) pada Formula Bar untuk mencari JUMLAH DATA
  • Lakukan pencarian jumlah data yang sama pada kolom JUMLAH DATA menggunakan formula yang sama.
Gambar 9.3 Hasil Pengolahan Data

Setelah semua data diolah maka hasilnya akan tampak seperti gambar 9.3
Simpan hasil dengan format: Kelas_No Absen_Nama Lengkap_LAPORAN PENJUALAN.

LATIHAN
Kerjakan tugas berikut menggunakan formula Excel. Pada tugas ini akan digunakan pengolahan dan perhitungan data berdasarkan pengeluaran barang dari Koperasi  Sekolah.
  • Pengaturan Judul, Baris dan Jenis Teks
    • Range B1:K1 LAPORAN PENJUALAN Font Size: 20, hitamkan dengan Bold lalu Gabungkan dengan Merge Cell
    • Range B2:K2 Nama dan Kelas Font Size: 14, Hitamkan dengan Bold lalu gabungkan dengan Merge Cell jangan lupa beri warna Font.
    • Range B4-K27 Isi Teks 12
  • Buat pengaturan berikut ini pada ukuran sel.
    • Column B lebar 20
    • Column C:F Lebar 14
    • Column C:R Lebar 3
  • Pada sel A1, ketikkan STOK BARANG
  • Pada sel A2, ketikkan KOPERASI SEKOLAH SANTA MARIA
  • Simpan dengan nama: NoAsen_Nama Lengkap_Kelas_Stok Koperasi SMP Santa Maria.xlsx
    • Pada sel A4 ketikkan teks Lokasi
    • Pada sel B4 ketikkan teks Jenis Barang
    • Pada sel C4 ketikkan teks Bulan
  • Sorot range C4:N4 setelah itu gabungkan sel tersebut sehingga teks Bulan berada ditengah-tengah range C4:N4
  • Sorot range C5:N5 setelah itu buatlah pengaturan sebagai berikut:
  • Klik menu Home>pilih Group Cells>pilih ikon Format>pilih Format Cells... untuk menampilkan kotak dialog Format Cell.
  • Pilih tab Alignment
  • Pada bagian Text Alignment, berikan pengaturan berikut:
    • Horizontal       : Center
    • Vertical           : Center
Gambar 9.4 Orientation Teks
Gambar 9.5 Orientation Teks 90 Degress
  • Pada bagian Orientation sehingga terseleksi hinga tampilan berubah jadi hitam. Lihat gambar 9.4.
  • Klik OK. Lihat gambar 9.4
  • Setelah itu pada sel C5 sampai N5 ketikkan nama-nama bulan secara berurutan dari Jan sampai Des
  • Gabungkan sel O4 sampai O5, P4 dengan P5, Q4 dengen Q5 serta sel S4 dengan S5.
  • Sorot range O4:R5, setelah itu buat pengaturan sebagai berikut:
  • Klik menu Home>pilih Group Cells>pilih ikon Format>pilih Format Cells... untuk menampilkan kotak dialog Format Cell.
  • Pilih tab Alignment
  • Pada bagian Text Alignment, berikan pengaturan berikut:
    • Horizontal       : Center
    • Vertical           : Center
  • Pada bagian Orientation masukkan angka pada kotak isian 90 Degress. Lihat gambar 9.5.
  • Pada bagian sel O4, ketikkan teks MINIMAL
  • Pada bagian sel P4, ketikkan teks MAKSIMAL
  • Pada bagian sel Q4, ketikkan teks RATA-RATA
  • Pada bagian sel S4, ketikkan teks TOTAL
  • Pada bagian sel O6, carilah nilai MINIMAL dengan mengetikkan rumus: =MIN(C6:N6)
  • Pada bagian sel P6, carilah nilai MAKSIMAL dengan mengetikkan rumus: =MAX(C6:N6)
  • Pada bagian sel Q6, carilah nilai RATA-RATA dengan mengetikkan rumus: =AVERAGE(C6:N6)
  • Pada bagian sel S6, carilah nilai TOTAL dengan mengetikkan rumus: =AVERAGE(C6:N6)
  • Buat Pengolahan data sehingga sesuai dengan gambar 9.6.
Gambar 9.6 Hasil Akhir Pengolahan Data


PERTANYAAN
  1. Apa yang anda ketahui tentang Rumus atau Formula?
  2. Jelaskan tujuan penggunaan Rumus pada pengolahan data di Excel!
  3. Sebutkan fungsi-fungsi Statistik dan Matematika pada Excel!
  4. Apa kegunaan fungsi SUM di Excel?
  5. Apa kegunaan fungsi AVERAGE di Excel?
  6. Apa kegunaan fungsi MAX di Excel?
  7. Apa kegunaan fungsi MIN di Excel?

5 komentar:

  1. Selamat siang pak / Bu

    Izin menjawab pak / Bu


    1. chart juga disebut dengan (grafik) yaitu lukisan dengan gambar atau garis untuk mengetahui naik turnya suatu keadaan data yang ada.

    2. tujuan pembuatan grafik yakni untuk menunjukkan perbandingan informasi yang kualitatif dengan cepat dan sederhana. ... Jadi apabila sebuah grafik sulit dibaca atau dipahami berarti akan kehilangan manfaat yang berharga.

    3. Column Charts. Grafik Kolom digunakan untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau menggambarkan perbandingan antar beberapa item.

    4. Line Chart hanya bisa digunakan untuk data yang berkelanjutan. Sedangkan Column chart bisa digunakan di data yang tidak berkelanjutan.

    5. Sebuah diagram lingkaran adalah sebuah grafik statistik berbentuk lingkaran yang dibagi menjadi irisan-irisan untuk menggambarkan proporsi numerik. Dalam sebuah diagram lingkaran, panjang busur setiap irisan, proporsional dengan kuantitas yang diwakilinya.

    6.

    1. Sorot (blok) terlebih dahulu tabel yang akan dibuat grafik

    2. Klik menu ribbon Insert

    3. Pilih salah satu menu Chart yang sudah tersedia (misalkan column 3D) 4. Setelah terpilih, grafik akan tampil secara

    otomatis

    # membuat grafik di Ms. Excel 2007

    7. Manfaat Grafik
    Memperlihatkan atau memberikan informasi mengenai data yang lebih ringkas dan mudah dimengerti. Pembaca memperoleh informasi lebih banyak dalam waktu yang cepat.

    Terima kasih pak / bu

    BalasHapus
  2. 1. Secara garis besar yang dimaksud formula atau rumus pada microsoft excel adalah persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan pada microsoft excel.

    Rumus Excel(Excel Formula) ini bisa kita gunakan dalam perhitungan yang sederhana hingga yang super kompleks, baik untuk data berupa angka, teks, tanggal, waktu, atau kombinasi dari jenis data-data tersebut.

    2. tujuan pembuatan grafik yakni untuk menunjukkan perbandingan informasi yang kualitatif dengan cepat dan sederhana, Jadi apabila sebuah grafik sulit dibaca atau dipahami berarti akan kehilangan manfaat yang berharga.

    3. Column Charts. Grafik Kolom digunakan untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau menggambarkan perbandingan antar beberapa item.


    4. Fungsi SUM menambahkan nilai. Anda dapat menambahkan nilai individual, referensi sel atau rentang, atau campuran ketiganya.

    5.Fungsi AVERAGE menampilkan nilai rata-rata numerik dalam set data, mengabaikan teks.

    6. fungsi MAX IF ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu data dengan kriteria/kondisi tertentu. Jika MAX digunakan untuk mendapatkan nilai tertinggi hanya dengan satu kriteria, maka MAX-IF digunakan untuk lebih dari satu kriteria

    7. Fungsi Min mencari nilai minimum

    Nama : Petrus pedroza nainggolan
    Kelas : 7 G

    BalasHapus
  3. Gloria 7g
    1.Formula atau rumus merupakan persamaan kalkulasi dari nilai pada lembar kerja. Suatu formula akan dimulai dengan tanda sama dengan (=).
    Formula dapat berisi fungsi, keterangan, operator dan konstanta.

    2.Fungsi adalah jenis rumus khusus yang disediakan oleh Excel untuk memudahkan pemrosesan data yang banyak dan bervariasi. Suatu fungsi selalu dilengkapi argumen yang dapat berupa angka, label, atau range. Contoh :
    =SUM(16) merupakan fungsi yang diikuti oleh argumen angka.
    =SUM(D8) merupakan fungsi yang diikuti dengan argumen sel.
    =SUM(C4*10%) merupakan fungsi yang diikuti argumen rumus.

    3.Fungsi matematika dan fungsi statistik biasanya digunakan dalam pemrosesan perhitungan data yang berjenis numrik. Berikut ini adalah beberap fungsi statistik dan matematik yang terdapat di aplikasi Excel.

    4.Digunakan untuk perhitungan data numerik. Contoh: =SUM(D2:D5) atau =SUM(D2-E3)

    5.Menghitung jumlah rata-rata dari angka-angka dalam satu range dengan menjumlahkan sederetan nilai numerik lalu membagi hasilnya dengan jumlah nilai. Contoh: =AVERAGE(H2:H9)

    6.Mencari data terbesar dari suatu range.

    7.Mencari data terkecil dari suatu range.

    BalasHapus

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer