- Siswa Dapat menggunakan cell formatting.
- Siswa Dapat memahami fungsi kotak dialog format cell.
- Siswa Dapat menggunakan freeze panes.
Pada materi kali akan membahas perencanaan,
perancangan dan pembangunan lembar kerja dengan tampilan yang lebih atraktif.
Tampilan yang atraktif ini didapat dengan menggunakan variasi warna dan font
untuk isi sel.
CELL FORMATTING
Properti yang ada didalam sel-sel Excel dapat diatur
sedemikian rupa agar menampilkan tampilan yang menarik dengan menggunakan kotak
dialog format cells. Contoh berikut
ini akan membantu untuk melihat penggunaan format
cells dalam memberikan variasi warna pada font dan cell serta
pengaturan perataan kalimat.
KOTAK DIALOG FORMAT CELLS
Untuk membuka kotak dialog bisa dilakukan dengan dua
cara, yaitu:
- Pilih menu Home>>pilih group Font>>klik tombol kecil dipojok kanan bawah atau
- Dengan shortcut pada keyboard Ctrl+1
Tampilan pada Excel 2013 hampir tidak ada perubahan
yang signifikan lihat tampilan kotak dialog Format
Cells dibawah ini.
Gambar 8.1 menu Home > Font
Gambar 8.2 kotak dialog Format Cells
FUNGSI FORMAT CELL
TAB NUMBER
Dapat digunakan untuk mengatur atau memformat angka
dari cell. Pilihan format number merupakan jenis format
yang penting dan paling sering digunakan dalam praktik. Terdiri dari beberapa
bagian yaitu:
Gambar 8.3 Kotak Dialog Number
- General pengaturan umum tanpa format.
- Number pengaturan format angka yang akan ditentukan kemudian seperti jumlah angka dibelakang koma dan penggunaan pemisah ribuan misalnya 12.000,00.
- Currency memberi pengaturan lambang mata uang suatu negara.
- Accounting penulisan mata uang dengan menggunakan aturan akuntansi. Mata uangnya berada di rata kiri, sedangkan nilai angkanya berada di rata kanan.
- Date penulisan format tanggal. Misalnya kita ingin mengetik 27 Oktober 2020, maka hasilnya menjadi 27/10/2020.
- Time digunakan untuk menulis jam misalnya: 07:50:35.
- Percentage menampilkan angka dalam bentuk persen. Misal 0,1 akan ditampilkan 10%.
- Fraction menuliskan angka desimal dalam bentuk pecahan. Misal 0,75 akan ditulis menjadi ¾.
- Scientific penulisan angka dengan gaya dibidang sains. Misal 1450 akan ditulis 1,e+03.
- Text penulisan semua data kedalam sel akan dianggap sebagai teks meskipun itu angka. Salah satu kegunaan adalah membiarkan angk nol (0) yang ditulis didepan angka. Misal pada penulisan nomor telepon. Sebab jika ditulis format general maka excel secara otomatis akan menghilangkan angka nol (0)tersebut.
- Special digunakan untuk mengatur penulisan tipe format tertentu seperti kode pos dan nomor telepon sesuai dengan negara yang di-inginkan.
- Custom digunakan untuk melakukan pengaturan format sendiri.
TAB ALIGNMENT
Tab alignment dapat digunakan untuk mengatur atau
memformat penempatan isi cell angka,
huruf dan objek. Pada tabulasi format alignment beberapa pilihan pengaturan
perataan data yaitu terdapat empat buah dan pengaturan lainnya.
- Text Alignment dapat digunakan untuk mengatur perataan teks, didalam text alignment terdapat dua pengaturan diantaranya:
Horizontal: digunakan untuk perataan secara horizontal, letak tulisan mendatar dari kiri ke kanan atau posisi teks tidur. Pada bagian horizontal terdapat beberapa pilihan: General, Left Indent, Center, Right, Fill, Justify, Center Across Selection, Distributed Indent.
Vertical: digunakan untuk perataan secara vertical, letak tulisan dari atas kebawah atau posisi teks berdiri. Pada bagian vertical terdapat beberapa pilihan: Top, Center, Bottom Justify, Distributed.
- Text Control dapat digunakan untuk mengatur teks didalam cells. Pada teks kontrol terdapat beberapa pilihan:
Wrap text digunakan agar teks mengikuti lebar sel.
Shrink to fit digunakan agar teks mengecil mengikuti lebar sel.Merge Cells digunakan untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel.
- Right-to-left dapat digunakan agar format penulisan berpindah dari kanan ke kiri.
- Text Direction digunakan untuk arah penulisan dari teks. Pada bagian Text Direction terdapat beberapa pilihan yaitu:
Context : format penulisan angka default atau standard.
Left-to-right : format penulisan angka dari kiri.
Right-to-left : format penulisan angka dari kanan.
- Orientation dapat digunakan untuk mengatur derajat kemiringan dari data didalam sel.
TAB FONT
Pada pilihan format
font dapat digunakan untuk mengatur
karakter atau huruf dari sel, baik berupa huruf atau angka jenis, besar, tanda,
khusus dan warna. Font adalah istilah
yang menjelaskan apapun yang terkait dengan angka dan huruf. Walaupun dalam
prakteknya font lebih sering
dihubungkan dengan huruf saja. Pengaturan font
meliputi banyak hal seperti mengatur ukuran, style, warna. Dalam kotak dialog
format sel terdapat pilihan perintah untuk mengatur format yang terdapat dalam
group font antara lain:
Gambar 8.5 kotak dialog Font
- Font: Jenis tulisan yang bisa kita gunakan sesuai dengan yang kita inginkan.
- Font Style: Pada bagian font style terdapat beberapa bagian pilihan antara lain sebagai berikut:
Reguler: Gaya tulisan dicetak default atau standartItalic: Gaya tulisan di cetak miring
Bold: Gaya tulisan di cetak tebal
Bold Italic: Gaya tulisan di cetak miring dan tebal
- Size: untuk melakukan pengaturan besar atau kecil teks yang akan kita gunakan.
- Underline: untuk memberikan garis bawah pada teks.
- Color: untuk memberikan warna pada teks.
- Effect: untuk memberikan effect pada teks, terdapat beberapa bagian yaitu:
Strikethrough: memberi efek coretan bisa berupa teks atau angka. Contoh:STKIPSuperscript: memberikan efek pangkat bisa berupa teks atau angka. Contoh: 102Subscript: memberika efek cetak bawah bisa berupa teks atau angka. Contoh: 134
TAB BORDER
Border cell yang dimaksud adalah
garis pembatas antara masing-masing cell.
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat border dalam sheet Excel.
Blok area yang akan diberi border lalu pilih jenis border yang akan dibuat,
lalu bisa di atur melalui Tab Border dengan
perintah sebagai berikut:
Gambar 8.5 kotak dialog Border
- Line berfungsi untuk memberikan border sesuai dengan apa yang kita butuhkan, terdapat dua pilihan perintah. Yaitu:
Style : Jenis border yang sudah disediakanColor : Memberi warna pada border
- Preset digunakan untuk memberikan perintah-perintah yang kita butuhkan ketika membuat border atau garis seperti: None, Outline, Inside, Top Border, Inside Horizontal Border, Bottom Border, Corner Left Border, Left Border, Inside Vertical Border, Right Border, Corner Right Border.
TAB FILL
Dapat digunakan untuk memberikan warna pada sel atau
memberi warna pada lembar kerja. Pada bagian Tab Fill terdapat beberapa bagian
pilihan, yaitu:
Gambar 8.6 kotak dialog Fill
- Background Color dapat digunakan untuk memberi warna pada latar tabel.
- Fill effects dapat digunakan untuk memilih warna beserta efek tertentu.
- More color untuk memilih lebih banyak warna.
- Pattern color untuk memilih warna arsiran dari sel.
- Pattern style untuk memilih jenis arsiran yang kita inginkan.
TAB PROTECTION
Pada bagian terakhir kotak dialog format sel adalah protection fasilitas ini digunakan untuk
mengatur proteksi dari suatu sel. Dalam halaman protection tersebut terdapat
dua pilihan, yaitu:
Gambar 8.7 kotak dialog Protection
- Locked digunakan untuk mengunci suatu sel.
- Hidden digunakan untuk menyembunyikan sel.
FREEZE PANES
Fasilitas Freeze
Panes merupakan salah satu fasilitas yang disediakan excel yang digunakan untuk membatasi gerakan layar dari lembar
kerja sehingga menahan bagian judul laporan. Dengan demikian sewaktu lembar
kerja digulung keatas,kebawah atau kesamping kanan baris judul akan tetap
terlihat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fasilitas Freeze Panes:
Gambar 8.8 Freeze Panes
- Aktifkan kembali dokumen yang telah dibuat sebelumnya.
- Untuk mengaktifkan freeze panes, maka sorot range A5:I5.
- Klik menu View>>pilih group Window>>pilih ikon Freeze Panes>>pilih Freeze Panes.
- Perintah ini akan menampilkan garis horizontal diantara baris 4 dan 5.
Gambar 8.9 Hasil Freeze Panes
Ketika lembar kerja digulung atau di scroll kebawah,
maka judul dari tabel tertahan tidak ikut tergulung kebawah. Selain itu
terdapat opsi freeze panes yang lain,
yaitu:
- Freeze Top Row yang akan menahan baris paling atas yaitu baris no.1
- Freeze first Column yang akan menahan kolom pertama pada lembar kerja.
Untuk melepaskan kembali batas gerakan lembar kerja,
maka klik menu View>>pilih
group Window>>pilih ikon Freeze Panes>>pilih Unfreeze Panes.
LATIHAN
LATIHAN 1
Buatlah Laporan Kas Pribadi dengan ketentuan dan
tampilan berikut ini:
- Buka dokumen baru Excel 2013.
- Ketikkan data seperti di gambar.
- Simpan lembar kerja menjadi: Februari
Gambar 8.10 Data Laporan Kas
PENGATURAN:
Buatlah Laporan Kas Pribadi dengan Pengaturan sebagai
berikut:
Pengaturan Font:
Judul: LAPORAN KAS PRIBADI size: 20
Bulan Januari 2020 size: 14
Keterangan dan isi size: 12
Ukuran lebar kolom pada tabel:
Kolom A lebar kolom 14
Kolom B lebar kolom 33
Kolom C sampai E lebar kolom 13,5
Ganti judul laporan menggunakan WordArt. Beri sedikit
pada WordArt yaitu effect shadow.
Gabungkan sel-sel yang terpisah menggunakan Merge
Cell.
A1:E1 A18:A19
A2:E2 A21:A22
A3:E3 A23:A25
A6:A8 A27:A30
A9:A10 A32:A33
A16:A17
Buat garis tepi pada tabel di kotak dialog Format Cell>>Border
Buat atur perataan teks di kotak dialog Format Cell>>Alignment dengan
format sebagai berikut:
Semua judul pada sel dibuat rata tengah.
Kolom tanggal A5:A33 dibuat rata tengah.
Pada kolom tanggal A5:A33 ubah format tanggal menjadi:
01 Februari 2020. Atur pada kotak dialog Format
Cells>>Number>>Tab Date.
Pada kolom Pemasukan C5:C33 dan kolom Pengeluaran D5:D33
ubah format menjadi seperti gambar.
Gambar 8.11 Tab Accounting
Gunakan tab Fill
untuk memperindah tampilan sel
Gunakan fitur Freeze
Panes pada sel judul
Simpan dengan NOABSEN_NAMA LENGKAP_KELAS_KasKu.xlsx
Gambar 8.12 Hasil Laporan Kas Pribadi
LATIHAN 2.
Buatlah
Laporan Kas Kelas selama dua bulan terakhir.
- Ambil data laporan kelas dari bendahara.
- Buat sesuai format laporan seperti KasKu.xlsx.
- Setiap satu bulan dalam lembar kerja.
- Simpan dengan nama Laporan Kas Kelas.xlsx.
PERTANYAAN
- Apa yang di maksud dengan pengaturan sel dalam excel?
- Jelaskan fungsi dari tab Font pada kotak dialog Format Cells!
- Jelaskan fungsi dari tab Protection pada kotak dialog Format Cells!
- Jelaskan langkah-langkah membuat border pada suatu Cells!
- Jelaskan cara membuat pengaturan format tanggal pada excel 2013!
- Jelaskan langkah-langkah mengatur format mata uang rupiah di Excel 2013!
- Apakah fungsi dari Freeze Panes? Jelaskan langkah-langkah mengaktifkan fasilitas Freeze Panes!
1 . ms exsel yg digunakan pada komputer
BalasHapus2 . Tab Font : digunakan untuk melakukan pengolahan huruf . Tab Border : digunakan untuk pengolahan garis . Tab Fill : digunakan untuk pengolahan warna pada cell
3 . memberikan efek warna paa cell
4 . - Buka Ms. Excel 2010. Ketik data yg diinginkan.
- Setelah itu Drag/Blok pada kolom yang akan diberi. border.
- Lalu klik Font pada menu Home.
- Klik Border pada menu Format Cells. Pilihlah garis yang anda inginkan untuk tabel tersebut .
- Lalu klik OK .
5 . - Pilih sel yang Anda ingin format .
- Tekan CTRL + 1 .
- Dalam kotak Format Sel , klik tab Angka .
- Dalam daftar kategori , klik tanggal .
- Di bawah Tipe , pilih format tanggal .
6 . - Seleksi / blok cell - cell excel yang ingin anda atur format angkanya .
- Kemudian klik kanan pada area cell yang terseleksi tadi , pilih Format Cells, sehingga akan tampil kotak dialog format cells .
- Pada bagian tab menu Number , pilih Category Currency / Accounting .
7 . - untuk membekukan baris atau kolom pada sebuah worksheet / lembar kerja Excel .
- Seleksi sel yang berada di bawah baris paling bawah sekaligus sel yang berada di kanan kolom paling kanan dari baris dan kolom yang akan dibekukan secara bersama-sama. ...
~ Kemudian pada Tab View -- Group Window -- Freeze Panes , silahkan pilih menu Freeze Panes .
Nama dan Kelasnya?
Hapus