e-sinaukomputer: BAB 10 | ANIMASI MOVIE CLIP - Membuat movie clip yang dijadikan animasi

Sabtu, 13 Juni 2020

BAB 10 | ANIMASI MOVIE CLIP - Membuat movie clip yang dijadikan animasi

Indikator Hasil Belajar
  1. Siswa mampu memahami pengertian movie clip.
  2. Siswa mampu membuat movie clip pada adobe flash.
  3. Siswa mampu menempatkan movie clip pada sebuah path.
  4. Siswa mampu menjalankan movie clip pada animasi.



MOVIE CLIP
Movie Clip sebenarnya sebuah animasi yang berjalan sendiri pada sebuah scene sehingga dia memiliki Timeline tersendiri dan pergerakannya pun menyendiri. 

contoh: sebuah film animasi orang berjalan, jika kita buat seakan-akan asli matanya pasti akan berkedip terus nah karena melelahkan bikin mata berkedip setiap satu frame maka dibuatlah sebuah movie clip sehingga kedipan mata akan terus terjadi dengan animasi yang berulang.

Dengan demikian movie clip merupakan animasi dengan gerakan yang berulang sesuai dengan durasi yang dibuat, seperti gerakan sayap burung, kupu-kupu, orang berjalan dan lainnya.

MEMBUAT ANIMASI MOVIE CLIP
Pada materi kali ini kita akan membuat sebuah animasi movie clip tentang burung terbang. Pada burung terbang gerakan sayap bergerak secara berulang terus-menerus sampai burung tersebut berhenti terbang. 

Jika kita akan membuat burung terbang kemudian bergerak dari suatu titik menuju ke titik lainnya maka kita harus membuat movie clip terlebih dahulu mengenai burung terbang tersebut. Jika gerakan pada movie clip sudah selesai baru kita dapat menempatkan movie clip tersebut pada scene sesuai kebutuhan.

  • Jalankan aplikasi adobe flash.
  • Buatlah gambar burung dengan posisi sayap berada diatas dengan menggunakan Brush Tool atau bisa juga menggunakan Pen Tool, seperti dibawah ini:
Gambar 10.1 Posisi burung di frame 1 sayap diatas
  • Klik gambar burung kemudian dari menu Modify>>Convert to Symbol atau tekan F8 untuk merubah menjadi movie clip, name: burung, type: movie clip, lalu klik OK.
Gambar 10.2 Convert to Symbol
  • Untuk membuat movie clip, klik dua kali gambar burung yang sudah menjadi simbol di Library.
  • Kita akan masuk movie clip dari burung, dimana pada frame 1 telah berisi gambar burung dengan posisi sayap diatas.
  • Klik kanan pada frame 3, Insert Keyframe, kemudian hapus sayap burung dengan Eraser Tool kemudian gambar lah sayap seperti gambar 10.3 seperti dibawah ini.
  • Kemudian klik kanan pada frame 5, hapus sayap dan gantikan dengan gambar 10.4 seperti dibawah ini.
Gambar 10.3 Posisi burung di frame 3

Gambar 10.4 Posisi burung di frame 5
  • Jika pembuatannya benar, maka pada posisi movie clip akan tampak seperti gambar dibawah ini. Pada lembar kerja tampak movie clip dengan nama burung kemudian ada scene, dan pada layer terisi tiga frame.
Gambar 10.5 Tampilan movie clip
  • Klik scene untuk kembali ke lembar kerja. Untuk menjalankan movie clip tidak dapat hanya dengan tekan enter. Kita perlu menekan tombol Ctrl+Enter secara bersamaan.
  • Burung hanya terbang pada satu tempat saja dan tidak bergerak, pada langkah selanjutnya kita akan menggerakkan burung dengan animasi path.

MEMBUAT ANIMASI PATH DENGAN MOVIE CLIP
Pada materi sebelumnya kita belajar mengenai animasi dengan menggunakan path benda statis. Pada latihan kali ini kita akan membuat animasi dengan menggunakan path dimana didalam terdapat sebuah movie clip burung terbang.
  • Buka kembali file movie clip burung terbang.
  • Klik kanan pada Layer 1>>pilih Add Classic Motion Guide.
  • Ukuran movie clip burung kita perkecil sesuai dengan kebutuhan dengan Free Transform Tool.
  • Dengan menggunakan Selection Tool geser posisinya kebagian kanan atas dari stage.
  • Klik pada layer Guide: Layer 1, dengan Pencil Tool buatlah sesuai jalur yang akan dilalui oleh burung, seperti gambar dibawah 10.6.
Gambar 10.6 Pembuatan motion guide
  • Klik kanan pada frame 60 layer Guide: Layer 1 pilih Insert Keyframe.
  • Begitu pula untuk Layer 1, klik kanan pada frame 60 kemudian Insert Keyframe.
Gambar 10.7 Insert Key Frame 60
  • Klik kanan pada Layer 1 pilih Create Classic Tween.
Gambar 10.8 Create Classic Tween Layer 1 Frame 1
  • Klik pada Frame 1 Layer 1, letakkan movie clip burung pada ujung garis awal lingkaran kecil (titik point pada burung) tepat pada ujung garis.
  • Klik pada frame 60 layer 1, letakkan movie clip burung pada posisi ujung garis akhir dari Guide: Layer 1.
Gambar 10.9 Posisi lingkaran kecil Frame 1

Gambar 10.10 Posisi lingkaran kecil Frame 60
  • Jalankan dengan tekan Ctrl+Enter. Apakah movie clip mengikuti jalur yang kita buat? Jika iya maka sudah benar, namun jika masih tidak mengikuti garis berarti masih salah.





LATIHAN
  1. Buatlah animasi-animasi movie clip tentang kupu-kupu.
  2. Buatlah animasi dengan menggunakan path atau motion guide dan tempatkan movie clip pada motion guide.
  3. Jalankan animasi jika masih ada kendala segera konsultasikan dengan guru pendamping.





PERTANYAAN
  1. Jelaskan pengertian dari movie clip?
  2. Berikan alasan mengapa harus menggunakan movie clip?
  3. Jelaskan perbedaan movie clip dengan scene!
  4. Sebutkan komponen yang terdapat pada simbol?
  5. Apa perbedaan antara movie clip dengan button pada adobe flash?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer