e-sinaukomputer: BAB 6 | WORKSHEET - Bekerja dengan Lembar Kerja pada Microsoft Excel

Jumat, 05 Juni 2020

BAB 6 | WORKSHEET - Bekerja dengan Lembar Kerja pada Microsoft Excel

Indikator Hasil Pembelajaran
  1. Siswa mampu menambahkan lembar kerja Microsoft Excel.
  2. Siswa mampu mengganti nama sheet pada lembar kerja Microsoft Excel.
  3. Siswa mampu memindahkan posisi tab Sheet.
  4. Siswa mampu menyalin data antar tab sheet.


LEMBAR KERJA
Sewaktu menggunakan program aplikasi, suatu dokumen sudah pasti akan digunakan dan diakses untuk mendukung pekerjaan. Pengaksesan dokumen dengan Microsoft Excel dapat berupa membuka buku kerja atau Workbook dan lembar kerja atau Worksheet. Karena itu pada modul ini akan dipelajari penggunaan lembar kerja, dimulai dari mengganti nama lembar kerja, mengganti nama tab sheet dan sebagainya.

BEKERJA DENGAN TAB SHEET
Microsoft Excel 2013 menyediakan 1 sheet default pada satu dokumen. Tab sheet dapat disamakan dengan lembar kerja dalam satu buku kerja Microsoft Excel. Berikut ini akan dipelajari beberapa perintah yang dapat dilakukan sewaktu bekerja dengan tab sheet pada dokumen Microsoft Excel.

MEMBUKA DAN BERPINDAH TAB SHEET
Tab sheet pada Microsoft Excel dapat dibuka dengan cara mengklik langsung pada tab sheet yang diinginkan. Sewaktu membuat banyak tab sheet pada buku kerja ini membuat beberapa tab sheet menjadi tidak terlihat. Maka untuk melihat tab sheet tersebut lakukan penggeseran-penggeseran yang dibutuhkan melalui tombol kendali tab seperti tampak pada gambar 6.1 dibawah.
Gambar 6.1 Tab Sheet

MENGGANTI NAMA TAB SHEET
Nama pada tab sheet dapat diubah sesuai kabutuhan untuk memudahkan pencarian lembar kerja.
Gambar 6.2 Mengganti Nama Sheet

Untuk melakukan pengubahan nama pada tab sheet, ikuti prosedure berikut ini:
  • Aktifkan tab sheet yang akan diubah namanya.
  • Klik menu Home>>group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Rename Sheet
  • Nama sheet akan terseleksi.
  • Ubah nama tab sheet sesuai dengan mengetikkan nama sesuai dengan kebutuhan.
MENYALIN DATA ANTAR TAB SHEET
Metode akan sangat berguna sewaktu ini membuat laporan dengan format tampilan yang sama namun dengan judul dan isi yang berbeda. Dengan menggunakan metode ini,  akan mempermudah dan menghemat waktu dalam pembuatan laporan. Karena tidak perlu membuat format tampilan untuk laporan, tetapi hanya menyalin lembar kerja kedalam lembar kerja lainnya.

Metode ini tidak sama dengan metode perintah copy dan paste. Dengan menggunakan perintah copy atau cut dan paste maka format dan ukuran kolom tidak ikut tersalin, sehingga perlu dilakukan pengaturan kembali lebar kolom dan  tinggi barisnya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menyalin data lembar kerja:
  • Klik menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Move or Copy Sheet...
  • Perintah ini akan menampilkan kotak dialog Move or Copy lihat gambar 6.3.
  • Untuk menyalin lembar kerja ke buku kerja lainnya, buat pengaturan pada kotak isian To Book.
  • Pada daftar lembar kerja Before Sheet klik salah satu lembar kerja. Misal: jika di klik pada (move to end) maka hasil salinan akan terdapat urutan didepan Sheet 1 dengan nama Sheet1 (2).
  • Beri tanda centang pada kotak Checkbox Create a Copy. Jika kotak Checkbox ini tidak dicentang, maka perintah ini hanya akan memindahkan posisi lembar kerja tanpa menyalin lembar kerja tersebut.
  • Klik tombol OK, untuk melihat hasilnya.
Gambar 6.3 Kotak Move or Copy

LATIHAN
Berikut ini akan dibuat latihan untuk membuat daftar peminjaman buku perpustakaan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka dokumen baru pada Microsoft Excel.
  • Ketikkan data daftar peminjaman seperti gambar 6.4 dibawah ini:
  • Tambahkan border untuk memberi garis tebal dan garis tipis pada tiap sel.
  • Ganti nama lembar kerja Sheet1 menjadi Januari.
  • Isi tanggal pinjam dengan fitur AutoComplete>>Fill Series atau Fill days.
  • Gandakan lembar kerja Januari.
  • Ganti nama lembar kerja Januari (2) dengan nama Februari.
  • Masukkan data untuk lembar kerja Februari:
     
Gambar 6.5 Daftar Pinjaman Buku Februari

  • Simpan dokumen dengan nama DAFTAR BUKU PERPUS.xlsx.


PERTANYAAN
  1. Jelaskan perbedaan antara buku kerja dengan lembar kerja pada  Microsoft Excel!
  2. Apakah yang dimaksud dengan sheet?
  3. Berapa banyak standar sheet yang dapat dibuat dalam satu buku kerja?
  4. Bagaimana cara mengganti nama sheet pada lembar kerja?
  5. Jelaskan cara menggandakan lembar kerja pada Microsoft Excel!

10 komentar:

  1. 1 . workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel . worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris .

    2 . merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor .

    3 . Workbook merupakan buku kerja pada microsoft excel, pada microsoft excel , biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet . Namun pada Excel 2016 , satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet .

    4 . - Klik tab lembar dua kali , kemudian ketikkan nama yang baru .
    - Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama , dan ketikkan nama yang baru .
    - Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R , dan ketikkan nama yang baru .

    5 . - Buka dokumen excel .
    - Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada . lalu pilih Move or Copy . kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard , pilih sheet mana saja yang diinginkan , baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Josep Evan s.s
      Jawaban :
      workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel . worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris .

      2 . merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor .

      3 . Workbook merupakan buku kerja pada microsoft excel, pada microsoft excel , biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet . Namun pada Excel 2016 , satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet .

      4 . - Klik tab lembar dua kali , kemudian ketikkan nama yang baru .
      - Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama , dan ketikkan nama yang baru .
      - Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R , dan ketikkan nama yang baru .

      5 . - Buka dokumen excel .
      - Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada . lalu pilih Move or Copy . kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard , pilih sheet mana saja yang diinginkan , baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy .

      Hapus
    2. workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel . worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris .

      2 . merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor .

      3 . Workbook merupakan buku kerja pada microsoft excel, pada microsoft excel , biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet . Namun pada Excel 2016 , satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet .

      4 . - Klik tab lembar dua kali , kemudian ketikkan nama yang baru .
      - Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama , dan ketikkan nama yang baru .
      - Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R , dan ketikkan nama yang baru .

      5 . - Buka dokumen excel .
      - Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada . lalu pilih Move or Copy . kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard , pilih sheet mana saja yang diinginkan , baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy .

      Hapus
  2. 1 . workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel . worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris .

    2 . merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor .

    3 . Workbook merupakan buku kerja pada microsoft excel, pada microsoft excel , biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet . Namun pada Excel 2016 , satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet .

    4 . - Klik tab lembar dua kali , kemudian ketikkan nama yang baru .
    - Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama , dan ketikkan nama yang baru .
    - Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R , dan ketikkan nama yang baru .

    5 . - Buka dokumen excel .
    - Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada . lalu pilih Move or Copy . kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard , pilih sheet mana saja yang diinginkan , baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy .

    Abielleonardo_7g_1_bekerja pada lembar kerja

    BalasHapus
  3. 1.workbook adalah buku kerja dalam
    microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel . worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris .

    2 . merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor .

    3 . Workbook merupakan buku kerja pada microsoft excel, pada microsoft excel , biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet . Namun pada Excel 2016 , satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet .

    4 . - Klik tab lembar dua kali , kemudian ketikkan nama yang baru .
    - Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama , dan ketikkan nama yang baru .
    - Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R , dan ketikkan nama yang baru .

    5 . - Buka dokumen excel .
    - Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada . lalu pilih Move or Copy . kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard , pilih sheet mana saja yang diinginkan , baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy .
    Gloria_7g_11-bekerja pada lembar kerja

    BalasHapus
  4. Nama: Petrus Pedroza Nainggolan
    Kelas : 7 G

    1. workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel.

    sedangkan,

    worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris.

    2.Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah 4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan atau mengola data, formula, grafik, dan sebagainya.

    3.biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet. Namun pada Excel 2016, satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet.

    4.1.Klik tab lembar dua kali, kemudian ketikkan nama yang baru.

    2.Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama, dan ketikkan nama yang baru.

    3.Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R, dan ketikkan nama yang baru.

    5.. - Buka dokumen excel .
    - Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada . lalu pilih Move or Copy . kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard , pilih sheet mana saja yang diinginkan , baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy .

    BalasHapus
  5. Janniece n. K
    1.workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel. sedangkan, worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris.
    2.Worksheet atau Spreadsheet atau Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah 4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan atau mengola data, formula, grafik, dan sebagainya.
    3.Workbook merupakan buku kerja pada microsoft excel, pada microsoft excel, biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet. Namun pada Excel 2016, satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet. Untuk menambahkan sheet kita dapat mengklik ikon plus pada sebelah kanan sheet1 dan seterusnya.
    4.Mengganti nama lembar kerja :
    Klik tab lembar dua kali, kemudian ketikkan nama -yang baru.
    -Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama, dan ketikkan nama yang baru.
    -Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R, dan ketikkan nama yang baru.
    5.-Buka file Ms Excel yang ingin digandakan.
    -Klik kanan pada sheet yang ingin digandakan (contohnya sheet1), kemudian pilih move or copy.
    -Tidak berapa lama akan muncul konfirmasi tentang dimana kita akan menempatkan file hasil dari yang kita gandakan.

    BalasHapus
  6. nama : yemima ria natalia nababan
    kelas : 7F

    1 . workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel . worksheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yg terdiri atas sejumlah kolom dan baris .

    2 . merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor .

    3 . Workbook merupakan buku kerja pada microsoft excel, pada microsoft excel , biasanya 1 workbook terdiri dari 3 sheet . Namun pada Excel 2016 , satu workbook hanya terdiri dari 1 sheet .

    4 . - Klik tab lembar dua kali , kemudian ketikkan nama yang baru .
    - Klik kanan tab lembar, klik Ganti Nama , dan ketikkan nama yang baru .
    - Gunakan pintasan keyboard Alt+H > O > R , dan ketikkan nama yang baru .

    5 . - Buka dokumen excel .
    - Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada . lalu pilih Move or Copy . kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard , pilih sheet mana saja yang diinginkan , baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy .

    BalasHapus
  7. 1. workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan dari tampilan awal excel.
    2. lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor.
    3. 1 workbook terdiri dari 3 sheet.
    4. Aktifkan tab sheet yang akan diubah namanya.
    Klik menu Home>>group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Rename Sheet
    Nama sheet akan terseleksi.
    Ubah nama tab sheet sesuai dengan mengetikkan nama sesuai dengan kebutuhan.
    5. Buka file Ms Excel yang ingin digandakan.
    Klik kanan pada sheet yang ingin digandakan (contohnya sheet1), kemudian pilih move or copy.

    BalasHapus

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer