- Siswa mampu menggunakan fasilitas pencarian.
- Siswa mampu menggunakan fasilitas untuk mengganti teks.
- Siswa mampu menggunakan fasilitas go to.
- Siswa mampu menggunakan fill handle.
Microsoft Excel menyediakan fasilitas – fasilitas yang mempermudah dalam pengetikan dan
pengolahan data. Fasilitas ini akan dibahas satu-persatu dalam materi ini.
FASILITAS
PENCARIAN PADA LEMBAR KERJA
Microsoft Excel menyediakan metode
yang sangat sederhana untuk mencari data yang telah diketikkan kedalam dokumen Excel. Data yang dapat dicari
pada lembar kerja dapat berupa teks ataupun angka.
Mungkin mudah untuk mencari teks
maupun angka dalam data yang sedikit, namun bagaimana mencari teks dan angka
didalam data yang sangat banyak. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat
dilakukan untuk melakukan pencarian data pada Microsoft
Excel:
- Buat pengaturan kolom sebagai berikut:
Kolom A lebar kolom: 3Kolom B lebar kolom: 4.5Kolom C lebar kolom: 40Kolom D lebar kolom: 4Kolom E lebar kolom: 10Kolom F lebar kolom: 14Kolom G lebar kolom: 34
- Ketikan data seperti tampak pada gambar 5.1 ini sebelum melakukan pencarian data.
- Simpan data dengan nama DataMurid.xlsx.
Gambar 5.1 Data Murid
- Setelah seluruh data lengkap diketik, maka pencarian data dapat dilakukan. Untuk melakukan pencarian pada data, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:
Gambar 5.2 Kotak Dialog Find and Replace
- Sorot data murid dengan range A4:G32.
- Klik menu Home>>pilih group Editing>>pilih ikon Find & Select...
- Pilih tab Find untuk melakukan pencarian.
- Setelag kotak dialog terbuka ketikkan kata yang akan dicari pada kotak isian Find what masukkan kata kunci untuk mencari data yang diinginkan, lihat gambar 5.2.
- Untuk memulai pencarian klik tombol Find All.
Gambar 5.3 Hasil Pencarian
Hasil pencarian data akan tampak pada bagian bawah dari kotak dialog Find and Replace.
- Dari hasil pencarian data berdasarkan gambar 5.3 diketahui ada satu murid yang memiliki nama Dinda.
FASILITAS
MENGGANTI TEKS
Microsoft Excel menyediakan fasilitas
yang dapat digunakan untuk mencari dan mengganti data yang sudah diketik.
Berikut ini akan dibahas mengenai fungsi replace
yang dapat digunakan untuk mencari data yang salah kemudian mengganti data
dengan yang benar.
- Sebelum membuat modifikasi pada data, gandakan lembar kerja dengan memberi nama lembar kerja yang baru dengan Data Baru.
- Sorot range A4:G32 dari data murid DataMurid.xlsx.
- Klik menu Home>>pilih group Editing>>pilih ikon Find and Select....lalu pilih Replace.
Gambar 5.4 Icon Find and Replace
- Menu ini akan menampilkan kembali kotak dialog Find and Replace, tab yang dipilih adalah tab Replace.
- Pada kotak isian Find what: Ganti teks dengan teks yang benar.
Gambar 5.4 Icon Find and Replace
- Untuk mengganti teks dari salah ke yang benar klik tombol Replace All.
- Setelah mengklik tombol Replace All, Microsoft Excel akan menginformasikan jumlah penggatian teks. Seperti tampak pada gambar 5.4.
Gambar 5.5 Hasil Penggantian Teks
- Setelah selesai menggunakan fasilitas ini, klik tombol Close.
FASILITAS GO
TO
Fasilitas Go To digunakan untuk mencari sel dengan formulasi tertentu atau
sel yang berisi data spesifik. Sel-sel ini dapat berisi komentar, konstanta,
formula atau rumus, teks, angka, sel kosong, array, object, sel dengan
kesalahan rumus dan sebagainya. berikut ini akan dibahas penggunaan fasilitas
go to pada lembar kerja, namun sebelumnya akan dibuat terlebih dahulu
modifikasi terhadap data.
Gambar
5.6 icon Fill>>Series
- Aktifkan lembar kerja Data Baru pada buku kerja Data Murid.
- Lakukan pengaturan data-data sebagai berikut:
- Hapus seluruh isi nomor pada Colom nomor.
- Ketikkan pada cell A4 angka 1
- Sorot range A4:A32, kemudian klik menu Home>>pilih group Editing>>pilih ikon Fill>>Series....
- Pada kotak Series, buat pengaturan sebagai berikut:
Series in : ColumnType : Linear
- Ini akan membuat kolom baru diisi angka 1-29.
Gambar
5.7 Pengaturan Fill>>Series
- Sorot tabel dengan range A4:G32 untuk memilih data secara
menyeluruh.
- Klik menu Home>>pilih group Editing>>pilih ikon Find and Select>>pilih Go To....
Gambar
5.8 Ikon Go To…
Gambar
5.9 Kotak Dialog Go To
- Klik tombol special... untuk menampilkan kotak dialog Go To Special seperti tampak pada gambar 5.9.
- Pilih opsi Constans.
- Centang Checkbox number. Lihat pengaturan gambar 5.10 disamping.
- Klik tombol OK.
- Kotak go to special ini berguna untuk mencari data yang lebih spesifik, dalam kasus ini kita mencari sel yang berisi numbers atau angka.
- Opsi dari perintah go to yang telah dipilih tersebut hanya akan memberi tanda sel-sel yang hanya terdiri dari angka-angka, seperti yang terlihat pada gambar 5.10.
Gambar
5.10 Pengaturan Go to Special
Gambar
5.11 Data Angka Tersorot Pada Tabel
LATIHAN 1
Buatlah slip setoran BRI dengan data dan tampilan seperti gambar 5.12
dibawah ini:
Gambar 5.12 Form Slip Setoran BRI
LANGKAH PEMBUATAN
- Carilah logo BRI di Internet dengan Extention .png.
- Masukkan logo dari menu Insert>>Picture, atur tinggi baris dan lebar kolom logo sesuai dengan cell D3:E4.
- Gabungkan cell F3:R4 dengan merge cell pada teks PT. BANK RAKYAT INDONESIA.
- Gabungkan cell AC3:AH3 dengan merge cell pada teks SLIP SETORAN.
- Gabungkan cell AC4:AH4 dengan merge cell pada teks Deposit Slip.
- Tambah Fill Color pada teks SLIP SETORAN dan Deposit Slip.
- Gunakan Outside Border untuk membuat kotak pada kolom D6, H6, N6, S6, W6, AA6, AF6.
- Gunakan Format Number Text untuk memberi nomor yang diawali angka 0 didepan dengan cara klik menu Home>>pilih group Number>>klik panah kecil panah sudut bawah, default General>>klik cari paling bawah Text. Berlaku untuk Nomor Rekening / Acc. No dan Kance / KCP / Branch.
- pada bagian Mata Uang / Currency gunakan Shapes untuk membuat kotak kecil, dari menu Insert>>pilih group Illustrations>>pilih Shapes.
- sorot atau seleksi pada range yang akan diberi garis seperti:
- Pada baris Nama / Name, Alamat / Address, Sumber Dana : Source, Keterangan / Remarks, Terbilang / Amount in Words.
- Gunakanlah variasi table dari menu Home>>pilih group Cells>>pilih Format>>pilih Format Cells...
- pilih tab Border>>pilih Style: untuk membuat border sesuai kebutuhan, pilih Preset: untuk meletakkan posisi border dan menampilkan hasil.
- pada cell Tunai/Cek/BG gabungkan cell V8:AB8, cell V9:AB9, cell V10:AB10.
- pada cell Sub Total gabungkan cell V11:AB11.
- Pada cell Kurs / Rate **: gabungkan cell V12:AB13.
- Pada cell Jumlah/Amount gabungkan cell AC8:AJ8, cell AC9:AJ10, cell AC8:AJ10, cell AC11:AJ11, cell AC12:AJ13, cell AC14:AJ14, cell AC15:AJ15.
- Pada cell Teller gabungkan cell V20:AB22.
- Pada cell TT. Penyetor cell AC20:AJ22.
LATIHAN 2
- Buka dokumen baru pada Ms. Excel.
- Buatlah data Guru dari sekolah masing-masing.
- Beri nama lembar kerja dengan nama Guruku.
- Buatlah Laporan mengenai nama guru yang sama.
- Buatlah Laporan tentang jumlah guru yang tinggal di daerah yang sama.
- Buatlah Laporan tentang jumlah guru yang mengajar materi yang sama.
PERTANYAAN?
- Jelaskan Perbedaan Fasilitas Find, Replace, dan GO TO!
- Bagaimana cara membuka kotak dialog Find and Replace?
- Apa fungsi GO TO?
- Bagaimana cara untuk mencari Cell yang berisi angka saja?
- Apa perbedaan antara tombol Replace dengan tombol Replace All?
.-klik menu File>>pilih Options>>klik tombol AutoCorrect Option... atau klik menu Review>>pilih group Proofing>>klik ikon Spelling...
BalasHapus-Menu ini akan menampilkan kotak dialog AutoCorrect: English(U.S).
-Ketikan teks yang sering salah dieja atau diketik pada kotak isian Replace.
-Pada kotak isian With ketikkan penulisan atau pengejaan yang benar.
-Setelah itu klik tombol Add.
2.-klik File>>pilih Options>>pilih Proofing>>klik tombol AutoCorrect Option...atau klik Review>>pilih group Proofing>>lalu klik ikon Spelling...
-Menu ini akan menampilkan kembali kotak dialog AutoCorrect: English (U.S).
-Aktifkan tab AutoCorret.
-Hapus centang dari CheckBox: Replace text as you type untuk mencegah perbaikan kata secara otomatis.
-Klik tombol OK untuk mengaktifkan opsi yang telah dipilih.
3.-Klik menu File>>klik tab Options>>pilih Advanced...
Perhatikan pada Editing Options.
-Centang pada Checkbox Enable AutoComplete for cell values.
-Hapus centang untuk membuat fitur AutoComplete tidak Aktif.
-Klik centang pada Checkbox untuk mengaktifkan fitur AutoComplete.
4. Fitur autocomplete menurut saya sangat bagus karena berfungsi untuk menyelesaikan pengetikan 1 kata atau frasa secara otomatis dalam sel
5.Perbedaan opsi Copy Cells dan Fill Series adalah
Copy Cells digunakan untuk menyalin data yang sama sampai dengan posisi sel yang terakhir
Sedangkan pada Fill Series akan membuat sebuah deret angka hingga posisi sel terakhir penempatan Fill Handle
1. Fungsi find adalah mencari teks dan angka didalam data yang sangat banyak, fungsi replace yang dapat digunakan untuk mencari data yang salah kemudian mengganti data dengan yang benar,Fasilitas Go To digunakan untuk mencari sel dengan formulasi tertentu atau sel yang berisi data spesifik.
BalasHapus2. -Sebelum membuat modifikasi pada data, gandakan lembar kerja dengan memberi nama lembar kerja yang baru dengan Data Baru.
Sorot range A4:G32 dari data murid DataMurid.xlsx.
Klik menu Home>>pilih group Editing>>pilih ikon Find and Select....lalu pilih Replace.
-Menu ini akan menampilkan kembali kotak dialog Find and Replace, tab yang dipilih adalah tab Replace.
-Pada kotak isian Find what: Ganti teks dengan teks yang benar.
- Untuk mengganti teks dari salah ke yang benar klik tombol Replace All.
Setelah mengklik tombol Replace All, Microsoft Excel akan menginformasikan jumlah penggatian teks. Seperti tampak pada
-Setelah selesai menggunakan fasilitas ini, klik tombol Close.
3. Fasilitas Go To digunakan untuk mencari sel dengan formulasi tertentu atau sel yang berisi data spesifik.
4. Buat pengaturan kolom sebagai berikut:
Kolom A lebar kolom: 3
Kolom B lebar kolom: 4.5
Kolom C lebar kolom: 40
Kolom D lebar kolom: 4
Kolom E lebar kolom: 10
Kolom F lebar kolom: 14
Kolom G lebar kolom: 34
Ketikan data seperti tampak pada gambar 5.1 ini sebelum melakukan pencarian data.
Simpan data dengan nama DataMurid.xlsx.
Setelah seluruh data lengkap diketik, maka pencarian data dapat dilakukan. Untuk melakukan pencarian pada data, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:
Sorot data murid dengan range A4:G32.
Klik menu Home>>pilih group Editing>>pilih ikon Find & Select...
Pilih tab Find untuk melakukan pencarian.
Setelag kotak dialog terbuka ketikkan kata yang akan dicari pada kotak isian Find what masukkan kata kunci untuk mencari data yang diinginkan, lihat gambar 5.2.
Untuk memulai pencarian klik tombol Find All.
Hasil pencarian data akan tampak pada bagian bawah dari kotak dialog Find and Replace.
Dari hasil pencarian data berdasarkan gambar 5.3 diketahui ada satu murid yang memiliki nama Dinda.
5. Replace hanya memindahkan satu file yang di pilih, sedangkan replace all memindahkan seluruh file dari folder yang di buka.
1.find digunakan hanya untuk menemukan kata pada dokumen
BalasHapusSedangkan Go To digunakan untuk mencari sel dengan formulasi tertentu atau sel yang berisi data spesifik. Sel-sel ini dapat berisi komentar, konstanta, formula atau rumus, teks, angka, sel kosong, array, object, sel dengan kesalahan rumus dan sebagainya. berikut ini akan dibahas penggunaan fasilitas go to pada lembar kerja, namun sebelumnya akan dibuat terlebih dahulu modifikasi terhadap data.
2.Pertama, kamu tekan tomboll CTRL + H buat membuka tab Replace pada kotak dialog Find and Replace.
Kemudian, ketik teks yang ingin diganti di kotak Find what. Misalnya: web.
Cara ke-1 Menemukan dan Mengganti Teks pada Dokumen
Lalu, tambahkan juga pengaturan berikut buat menemukan teks yang lebih spesifik:
Tekan tombol More >> buat menampilkan Search Options.
Centang kotak Find whole words only, buat menemukan teks persis seperti yang diketikkan pada kotak Find what tanpa membedakan huruf besar atau huruf kecil. Contohnya, yang akan dicari yaitu teks “web” dan “Web”.
Centang kotak Match case juga, bila ingin membedakan teks yang huruf besar dengan huruf kecil. Contohnya, cuma teks “web” aja yang akan dicari.
Selanjutnya, di kotak Replace with, ketik teks penggantinya, misalnya: “website”.
Setelah itu, lakukan salah satu dari hal berikut ini:
Klik Find Next, buat berpindah ke teks berikutnya yang ditemukan.
Klik Replace, buat mengganti teks yang ditemukan.
Cara ini berguna buat mengganti teks satu persatu dan jumlah teks yang ingin diganti gak banyak.
Klik Replace All, buat mengganti semua teks yang ditemukan tersebut.
Cara ini berguna buat mengganti teks dalam jumlah banyak. Kekurangannya kalo pengaturannya gak tepat, maka hasilnya bisa berantakan. Misalnya, semua kata yang punya huruf “web” seperti “website” akan jadi “websitesite”.
Kalo terjadi kesalahan dalam mengganti teks, tekan CTRL + Z buat membatalkan perintah Replace atau Replace All.
3.Fasilitas Go To digunakan untuk mencari sel dengan formulasi tertentu atau sel yang berisi data spesifik. Sel-sel ini dapat berisi komentar, konstanta, formula atau rumus, teks, angka, sel kosong, array, object, sel dengan kesalahan rumus dan sebagainya. berikut ini akan dibahas penggunaan fasilitas go to pada lembar kerja, namun sebelumnya akan dibuat terlebih dahulu modifikasi terhadap data.
4.1. Dalam kotak temukan:, ketikkan teks atau angka yang ingin Anda temukan, atau klik panah di kotak temukan apa:, lalu pilih item pencarian terbaru dari daftar.
2. Klik Temukan semua atau temukan di samping Jalankan
pencarian Anda.
3. Klik opsi>> untuk lebih menentukan pencarian Anda jika
diperlukan:
-Hanya Untuk mencari data dalam lembar kerja atau di seluruh buku kerja, pilih lembar atau buku kerja.
-Telusuri Anda dapat memilih untuk mencari baik berdasarkan baris (default) maupun menurut kolom.
-Lihat di: Untuk mencari data dengan detail tertentu,
dalam kotak, klik rumus, nilai, catatan, atau komentar.
-Cocokkan huruf -centang ini jika Anda ingin mencari data yang peka huruf besar kecil.
-Cocokkan seluruh konten sel -periksa ini jika Anda ingin mencari sel yang berisi hanya karakter yang Anda ketikkan dalam kotak temukan apa:.
5. replace hanya akan memindahkan satu file yang dipilih, sedangkan replace all akan memindahkan seluruh fule dari folder yang dibuka.
Nama : Petrus Pedroza Nainggolan
Kelas : 7 G