e-sinaukomputer: BAB 2 | MENGELOLA TEKS DAN ANGKA - Memasukkan dan Mengolah Data berupa Teks dan Angka

Kamis, 04 Juni 2020

BAB 2 | MENGELOLA TEKS DAN ANGKA - Memasukkan dan Mengolah Data berupa Teks dan Angka

Indikator Hasil Pembelajaran
  1. Siswa Dapat memasukkan data berupa teks dan angka
  2. Siswa Dapat mengolah data teks dan angka
  3. Siswa Dapat memodifikasi tampilan teks dan angka
  4. Siswa Dapat memasukkan file gambar

DATA BERUPA TEKS DAN ANGKA
Selain memasukkan berupa teks dan angka kedalam lembar kerja microsoft excel dapat digunakan untuk mengolah data. Berikut ini dibahas beberapa langkah untuk memasukkan data berupa teks dan  angka pada lembar kerja microsoft excel dan setelah cara melakukan modifikasi tampilan teks dan angka.

Data pada lembar microsoft excel dapat diberi variasi dengan menambahkan gambar-gambar grafik, berikut ini dibahas juga cara memasukkan gambar grafik pada lembar kerja microsoft excel.

MEMASUKKAN TEKS DAN ANGKA
Berikut ini akan dibuat daftar inventaris gudang dari suatu minimarket. Daftar Inventaris ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan wawasan administratif bagi siswa sehingga siswa mendapatkan gambaran tentang kebutuhan  gudang suatu minimarket dan membuat pendataan barang dengan tampilan yang menarik. Data berupak teks dan angka pada microsoft excel dapat dimasukkan kedalam lembar kerja dengan cara dan langkah-langkah yang sangat mudah.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat daftar inventaris gudang:
Beri pengaturan sebagai berikut:
Jenis Teks        : Arial
Ukuran Teks    : 10
Posisi teks awal pada alamat B1
Ketikkan teks MINIMARKET BSW
Ketikkan teks Inventaris Gudang pada alamat B2
Buat kolom-kolom berikut untuk daftar inventaris:
Kolom A lebar kolom 1
Kode Barang di Column B4, lebar kolom 15
Nama Barang di Column C4, lebar kolom 35
Jumlah di Column D4, lebar kolom 10
Kolom E lebar kolom 1
Masukkan data pada daftar inventaris seperti tampak pada gambar 2.2.
 
Gambar 2.1 Pengaturan Font
2.2 Data Inventaris Gudang

Simpan dokumen dengan nama InventarisGudang.xlsx

MODIFIKASI TEXT
MODIFIKASI TEXT DENGAN WORDART
Ada beberapa cara untuk memberikan tampilan yang menarik pada teks. Kali ini akan mempelejari cara modifikasi teks dengan WordArt.
Pilih Insert>>pilih group Text>>pilih WordArt. Pilih salahsatu bentuk yang tersedia.
Gambar 2.3 WordArt

Setelah itu akan tampil kotak dialog Edit WordArt Text.
Ketik kembali teks MINIMARKET BSW
Font: Arial dan atur ukuran teks secara proporsional
Klik tombol OK.
Hapus judul normal ganti dengan WordArt.
Posisikan WordArt sebagai judul halaman.

Buat pengaturan pada sel judul
Klik menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Row Height.
Pada kotak teks Row Height, masukkan tinggi: 50.
Hapus judul normal.
Atur teks WordArt berada ditengah sel.
 
Gambar 2.4 Row Height

Klik atau seleksi teks yang telah dibuat menggunakan WordArt.
Klik menu Format>>pilih group WordArt Style>>pilih WordArt Style>>misal: Glow pilih sesuai keinginan.
Perhatikan bentuknya tampak langsung berubah di Textbox WordArt tersebut.
Selain Glow gunakan WordArt Style yang lain misal: Shadow, Reflection, Tranform sehingga terlihat lebih menarik.
Gambar 2.5 PengaturanWordArt

MODIFIKASI TEXT DENGAN FORMAT CELL
Teks yang sudah diketik dapat dimodifikasi baik bentuk, ukuran dan warnanya menggunakan kotak format cell. Hal ini dilakukan untuk membuat tampilan data lebih menarik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memodfikasi teks menggunakan kotak format cell.

Format Cells...>>Font.
Aktfikan alamat sel B2 yang berisi teks Iventaris Gudang.
Klik menu Home>>pilih group Font>>klik sudut bawah kanan tanda panah kecil>>muncul kotak dialog Format Cells...>>pada kotak dialog format cells.
Pilih tab Font
Pada kotak Font Style, pilih jenis font Bold.
Pada kotak Size, pilih ukuran font 18pt.
Pilih warna yang di-inginkan pada kotak color.
Setelah selesai, klik OK.
Gambar 2.6 Font Style dan Size

Format Cells...>>Alignment.
klik sudut bawah kanan tanda panah kecil>>muncul kotak dialog Format Cells...>>pada kotak dialog Format Cells.
Pilih tab Alignment
Pada kotak Horizontal, pilih Left, Right, Center dll.
Pada kotak Vertical, pilih Left, Right, Center dll.
Setelah selesai, klik OK.
Gambar 2.7 Align Horizontal - Vertical
Selain melakukan pengaturan pada bentuk, ukuran dan   warna teks, kotak dialog Format Cells dapat digunakan untuk  mengatur isi dari suatu kolom. Misalnya untuk mengatur satuan dari suatu angka.

Format Cells...>>Number.
Seleksi atau pilih isi dari kolom Jumlah pada Range D5:D11 dibaca D5 sampai D11.
Klik menu Home>>pilih group Number>> klik sudut bawah kanan tanda panah kecil>>muncul kotak dialog Format Cells...>>pada kotak dialog format cells.
Pilih Tab Number.
Pada bagian Category,pilih Custom.
Pada bagian Type, ketikkan 0 “buah”. Lihat gambar 2.8.
Setelah selesai, klik OK.
Gambar 2.8 Custer User
Catatan:  Untuk menampilkan kotak dialog Format Cells dapat juga dilakukan dengan cara:
Klik menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Cell, maka muncul kotak dialog Format Cells. Atau dengan Shorcut Ctrl+1.

MODIFIKASI TEXT DENGAN FORMATTING TOOLBAR
Selain menggunakan Format Cells pengaruran teks dapat dilakukan dengan menggunakan Formatting Toolbar. Misalnya untuk mengatur perataaan teks dan bentuk teks, berikut langkahnya:
Seleksi tiga judul kolom dari tabel Inventaris, pada range B4:D4, dibaca: range B4 sampai D4, jadi terdiri dari kolom Kode, Nama Barang, Jumlah.
Pada Formatting Toolbar, klik ikon Bold untuk menebalkan teks judul dari setiap kolom.
Untuk membuat perataan tengah, klik ikon Center pada Formatting Toolbar.
Gambar 2.9 Pengaturan Font dan Alignment Group
Selain digunakan untuk untuk mengatur teks, Formatting Toolbar dapat juga digunakan untuk memasukkan garis pada tabel.

Penggunaan Border
Seleksi tabel dari range B4:D11.
Pada Formatting Toolbar, klik ikon Border.
Simpan kembali dokument dengan menggunakan File Button menu File>>Save atau bisa menggunakan Quick Access>>klik ikon Save.
Gambar 3.10 Penggunaan Border

MENAMBAHKAN GAMBAR
Salah satu cara untuk membuat Worksheet yang menarik adalah dengan menambahkan gambar grafik kedalam. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk memasukkan gambar grafik kedalam worksheet.
Pilih tab Insert>>pilih Ilusstration>>pilih Picture lalu dari di Drive dimana gambar akan anda masukkan.
Untuk mencari ClipArt pilih tab Insert>>Illustrations>>Online Picture>>cari clip dikotak Office ClipArt.
Untuk membut Shape pilih tab Insert>>Illustrations>>Shape>>pilih Shape yang diinginkan.
Untuk membuat SmartArt pilih tab Insert>>Illustrations>>SmartArt>>pilih SmartArt Style yang diinginkan.
Gambar 2.11 Group Illustration
Fitur selanjutnya dalam Illustrations adalah Screenshoot. Kita dapat mengambil gambar dari hasil Screenshoot dalam fitur ini dapat langsung disisipkan kedalam halaman.

Untuk menggunakan Fitur Screenshot pilih tab Insert>>Illustrations>>Screenshot pilih Screen clipping, kursor akan berubah menjadi tanda +, drag dan arahkan ke gambar yang akan di Screenshoot. Setelah itu lalu muncul gambar yang telah di Screenshoot tersebut kedalam halaman.

PICTURE TOOLBAR
Picture Toolbar berisi kumpulan tombol yang akan digunakan untuk memodifikasi dan mengatur tampilan dari gambar yang dipilih.
Gambar 2.12 Format – Picture Tools
Keterangan gambar diatas ada empat group besar dan didalam group besar terdapat tools yang membatu pengguna untuk mempermudah pengolahan gambar, yaitu: Adjust, Picture Style, Arrange dan Size.
Group Adjust
Remove Background: digunakan untuk menghapus latar pada gambar
Color: digunakan untuk mengganti dan menyesuaikan warna dari objek gambar.
Correction: digunakan untuk menerangkan atau memudarkan warna objek gambar.
Artistic Effects: digunakan untuk memberi efek artistik pada gambar agar menjadi terlihat.
Group Pictures Style
Picture Style: digunakan untuk memutar objek gambar kekiri.
Picture Border: digunakan untuk memberikan garis pada setiap sisi gambar.
Picture Effects: digunakan untuk memberikan effect pada gambar.
Picture Layout: digunakan untuk mengatur tata letak SmartArt pada gambar.
Group Arrange
Bring Forward: digunakan untuk membawa object pada antrian posisi paling atas.
Send Backward: digunakan untuk membawa object pada antrian posisi paling bawah.
Selection Pane: digunakan untuk memberikan effect pada gambar.
Align: digunakan untuk mengatur posisi alignment pada gambar.
Group: digunakan untuk menggabungkan beberapa gambar.
Rotate: digunakan untuk memutar objeck gambar.
Group Size
Crop: digunakan untuk memotong objek gambar sesuai dengan kebutuhan.

MEMBERI EFFECT PADA GAMBAR
Gambar perlu dimodfikasi  sedemikian rupa agar dokumen terlihat lebih menarik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memodifikasi objek gambar dengan beberapa effect yang tersedia dalam Excel 2013.
Klik objek gambar.
Klik pada menubar Format>>pilih Picture Effect>>lalu gambar akan diberi beberapa pilihan effect yang kita inginkan, seperti: Shadow, Glow, Bevel.
Gambar 2.13 Format Gambar

Lalu akan terlihat hasil seperti gambar 2.14.
Gambar 2.14 Format Objek Gambar
Keterangan:  Objek gambar diatas menggunakan Effect Bevel, Bevel digunakan untuk memberi effect frame agar terlihat seperti 3D.

GRIDLINES
Gridlines merupakan garis-garis tipis yang menghubungkan kolom dan baris. Agar terlihat lebih menarik, gridlines dapat dihilangkan dengan langkah-langkah berikut:
Klik menu View>>pilih group Shadow>>pilih Gridlines.
Hasil akhir dari pembuatan Daftar Inventaris Gudang dapat dilihat pada gambar 2.15 dibawah ini.
Setelah selesai, simpan kembali hasil akhir dokumen.
Gambar 2.15 Menghilangkan Gridlines


LATIHAN
TUGAS 1
Buatlah dartar harga makanan untuk sebuah kafe seperti gambar.
Dengan ketentuan sebagai berikut:

Buatlah pengaturan pada  tinggi dan baris cell dengan menggunakan menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Row Height...untuk tinggi baris dan pilih Culumn Width...untuk lebar kolom.
Gambar 2.16 Pengaturan Lembar Kerja 
Gambar 2.17 Hasil Cafe Maknyos

Buatlah pengaturan pada posisi teks menggunakan kotak dialog Format Cells!
  • Klik menu atau tab Ribbon Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells...
  • Pada kotak dialog Format Cell>>pilih tab Alignment.
  • Pada bagian Text Alignment buat pengaturan berikut:
Horizontal Center: Center.
Vertical Center : Center.
  • Setelah itu, klik OK.

Masukkan gambar-gambar grafik yang menarik pada kolom Foto!
  • Klik menu Insert>>pilih Illustrations>>pilih Picture.
  • Menu ini akan menampilkan kotak dialog Insert Picture.
  • Pada kotak Combo Look In cari direktori atau folder tempat meletakkan dokumen gambar.
  • Pilih gambar yang akan dimasukkan.
  • Klik tombol Insert untuk memasukkan gambar ke dokumen Excel!

Lalukan penyesuaian pada ukuran foto sehingga ukurannya sesuai dengan ukuran yang tersedia!
  • Klik foto yang akan disesuaikan.
  • Klik kanan pada gambar>>pilih Size and Properties.
  • Beri tanda centang pada kotak Checkbox pada bagian Lock aspect ratio sehingga ukuran tinggi dan lebar dari gambar disesuaikan dengan rasio aslinya.
  • Pada bagian Size and Rotate buat pengaturan sebagai berikut:
  • Tinggi atau Height gambar, kemudian tekan enter karena pada bagian lock aspect ratio sudah dicentang, maka tidak perlu dibuat pengaturan untuk width dari gambar.
  • Setelah selesai, klik tombol (x) close.
Gambar 2.18 Pengaturan Penyesuaian Photo

Masukkan foto-foto lainnya untuk gambar pendukung!
Simpan dengan nama ListHargaMakan.xlsx.

TUGAS 2
Buatlah daftar tempat Wisata yang kalian ketahui! buatlah dengan ketentuan:
  • Buat minimal lima tempat wisata!
  • Atur cell agar lebih tertata rapi!
  • Sisipkan gambar dan teks agar terlihat menarik!
  • Simpan dengan nama Wisata.xlsx!


PERTANYAAN
  1. Apakah yang dimaksud dengan cell pointer?
  2. Bagaimana cara mengatur lebar kolom atau baris?
  3. Bagaimana cara memasukkan WordArt pada Excel 2013?
  4. Sebutkan beberapa jenis data yang dapat disisipkan di Excel 2013!
  5. Sebutkan langkah-langkah modifikasi teks dengan format Toolbar!
  6. Jelaskan  cara menyimpan dokumen pada Excel 2013!
  7. Apakah fungsi dari Border?
  8. Jelaskan cara memberi Border pada Excel 2013!
  9. Sebutkan Tools yang terdapat pada Picture! Jelaskan fungsinya!
  10. Jelaskan langkah-langkah merubah effect pada gambar di Excel 2013!
  11. Apakah fungsi dari Gridlines?

7 komentar:

  1. Pak, dengan given 7A, kalau yang daring buat latihan 2 nya gimana, pak? Apakah boleh memakai aplikasi excel di hp? Bgmn caranya, mhn petunjuk, trimaksih

    BalasHapus
  2. Ellema Jaurq Sitohang
    1. Petunjuk sel yamg aktif
    2. •Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin di ubah
    •Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format
    •Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom
    •Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang di inginkan

    •klik ok
    3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
    •Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
    •Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
    4. teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date)
    •5.•seleksi teks yang ingin di format
    •klik menu format
    •klik memu font
    •selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
    6. •Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
    •Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
    •Pilih SAVE AS jika belum pernah menyimpannya sama sekali.
    •Pilih bagian BROWSE untuk memilih tempat dimana kita akan menyimpan
    •ganti nama terlebih dahulu agar midah dalam melakukan pencarian
    •kemudiam pilih tombol save
    7. Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan
    8. •Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
    •Klik tab Home.
    •Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
    •Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
    9. •Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar
    •Picture Styles >> Untuk mengatur style gambar
    •Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen
    •Size >> Untuk mengatur ukuran gambar
    10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.

    BalasHapus
  3. jawaban

    1. Penunjuk sel yang aktif
    2 . - pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin diubah
    - Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
    - Di bawah Ukuran Sel, klik lebar kolom
    - Di kotak lebar kolom , ketikkan nilai yang Anda inginkan.
    - klik ok
    3 . - Klik tab Insert.
    - Klik Text.
    - Klik Text.
    -Klik style WordArt yang diinginkan
    - Ketikkan teks.
    -Klik pada border teks WordArt.
    - Klik tab Home.
    - Klik tanda-panah-kebawah Font.
    - Klik huruf yang Anda inginkan.
    4. data teks (label),angka (value), waktu (time),dan tanggal (date).
    5 . Misalkan pada program Ms. Word 2003:

    1. seleksi teks yang ingin diformat (blok dengan mouse)

    2. klik menu Format dan klik Font

    selanjutnya akan tampil kotak dialog Font dan teksnya dapat dimodifikasi sesuai keinginan.
    6. - Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
    - Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
    - Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
    - Ganti nama terlebih dahulu agar mudah dalam melakukan pencarian.
    - Kemudian pilih tombol SAVE.
    7 . fungsi border memberi garis dan dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan.
    8 . - Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border
    - Klik tab Home.
    - Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
    - Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
    9 . - Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar.
    - Picture style >> Untuk mengatur style gambar.
    -Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen.
    - size >> Untuk mengatur ukuran gambar.
    10 . -Klik gambar lalu klik tab Format gambar
    - Klik effect gambar arahkan ke tipe efek lalu klik efek yang Anda inginkan.
    - untuk menyelaraskan efek klik Opsi di bagian bawah menu efek apa pun.

    11 . Untuk memberi garis-garis pada background seperti garis di Microsoft Excel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban Josep 7F
      1. Petunjuk sel yamg aktif
      2. •Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin di ubah
      •Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format
      •Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom
      •Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang di inginkan

      •klik ok
      3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
      •Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
      •Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
      4. teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date)
      •5.•seleksi teks yang ingin di format
      •klik menu format
      •klik memu font
      •selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
      6. •Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
      •Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
      •Pilih SAVE AS jika belum pernah menyimpannya sama sekali.
      •Pilih bagian BROWSE untuk memilih tempat dimana kita akan menyimpan
      •ganti nama terlebih dahulu agar midah dalam melakukan pencarian
      •kemudiam pilih tombol save
      7. Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan
      8. •Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
      •Klik tab Home.
      •Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
      •Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
      9. •Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar
      •Picture Styles >> Untuk mengatur style gambar
      •Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen
      •Size >> Untuk mengatur ukuran gambar
      10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.

      Hapus
  4. jawaban yemima

    1. Penunjuk sel yang aktif
    2 . - pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin diubah
    - Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
    - Di bawah Ukuran Sel, klik lebar kolom
    - Di kotak lebar kolom , ketikkan nilai yang Anda inginkan.
    - klik ok
    3 . - Klik tab Insert.
    - Klik Text.
    - Klik Text.
    -Klik style WordArt yang diinginkan
    - Ketikkan teks.
    -Klik pada border teks WordArt.
    - Klik tab Home.
    - Klik tanda-panah-kebawah Font.
    - Klik huruf yang Anda inginkan.
    4. data teks (label),angka (value), waktu (time),dan tanggal (date).
    5 . Misalkan pada program Ms. Word 2003:

    1. seleksi teks yang ingin diformat (blok dengan mouse)

    2. klik menu Format dan klik Font

    selanjutnya akan tampil kotak dialog Font dan teksnya dapat dimodifikasi sesuai keinginan.
    6. - Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
    - Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
    - Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
    - Ganti nama terlebih dahulu agar mudah dalam melakukan pencarian.
    - Kemudian pilih tombol SAVE.
    7 . fungsi border memberi garis dan dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan.
    8 . - Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border
    - Klik tab Home.
    - Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
    - Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
    9 . - Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar.
    - Picture style >> Untuk mengatur style gambar.
    -Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen.
    - size >> Untuk mengatur ukuran gambar.
    10 . -Klik gambar lalu klik tab Format gambar
    - Klik effect gambar arahkan ke tipe efek lalu klik efek yang Anda inginkan.
    - untuk menyelaraskan efek klik Opsi di bagian bawah menu efek apa pun.

    11 . Untuk memberi garis-garis pada background seperti garis di Microsoft Excel

    BalasHapus
  5. Janniece n.k 7f
    1.Cell Pointer (Penunjuk Sel) Adalah Penunjuk sel yang aktif.
    2.*Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin Anda ubah.
    *Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
    *Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom.
    *Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang Anda inginkan.
    *Klik OK.
    3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
    •Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
    •Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
    4.empat jenis data yang dapat dimasukkan ke dalam sel pada program pengolah angka Microsoft Excel yaitu data teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date).
    5.•seleksi teks yang ingin di format
    •klik menu format
    •klik memu font
    •selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
    6.*Membuka buku kerja yang ingin Anda simpan.
    *Klik File > Simpan Sebagai.
    *Di bawah Tempat, pilih tempat Anda ingin menyimpan buku kerja.
    *Di kotak dialog Simpan Sebagai, navigasi ke lokasi yang Anda inginkan.
    *Di daftar Simpan sebagai tipe, klik format file yang Anda inginkan.
    7.Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan.
    8.Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
    •Klik tab Home.
    •Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
    •Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
    9.*Adjust = Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar.
    *Picture Styles = Untuk mengatur style gambar.
    *Arrange = Untuk mengatur posisi gambar di dokumen.
    *Size = Untuk mengatur ukuran gambar.
    10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.
    11.Gridline Excel adalah garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.

    BalasHapus
  6. Joy Situngkir
    1. Petunjuk sel yamg aktif
    2. •Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin di ubah
    •Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format
    •Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom
    •Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang di inginkan

    •klik ok
    3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
    •Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
    •Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
    4. teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date)
    •5.•seleksi teks yang ingin di format
    •klik menu format
    •klik memu font
    •selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
    6. •Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
    •Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
    •Pilih SAVE AS jika belum pernah menyimpannya sama sekali.
    •Pilih bagian BROWSE untuk memilih tempat dimana kita akan menyimpan
    •ganti nama terlebih dahulu agar midah dalam melakukan pencarian
    •kemudiam pilih tombol save
    7. Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan
    8. •Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
    •Klik tab Home.
    •Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
    •Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
    9. •Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar
    •Picture Styles >> Untuk mengatur style gambar
    •Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen
    •Size >> Untuk mengatur ukuran gambar
    10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.

    BalasHapus

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer