e-sinaukomputer: BAB 3 | BEKERJA DENGAN SEL - Melakukan Pengaturan pada Sel dalam Lembar Kerja

Jumat, 05 Juni 2020

BAB 3 | BEKERJA DENGAN SEL - Melakukan Pengaturan pada Sel dalam Lembar Kerja

Indikator Hasil Pembelajaran
  1. Siswa mampu memilih range pada sel.
  2. Siswa mampu menyisipkan data pada sel.
  3. Siswa mampu menghapus, memotong, menggabungkan dan memecah sel.
  4. Siswa mampu membuat struktur kelas dengan microsoft excel.


BEKERJA DENGAN SEL
Data yang dimasukkan ke dokumen Microsoft Excel akan diketikkan pada sel. Setiap sel pada Microsoft Excel dapat diatur sedemikian rupa sehingga data-data yang terdapat pada sel tersebut dapat ditampilkan sesuai kebutuhan. Berikut ini akan dibahas cara menyisipkan dan menghapus sel, melakukan penggabungan beberapa sel menjadi satu ataupun memecahkan kembali sel yang sudah tergabung.

MENYISIPKAN DAN MENGHAPUS SEL
Sel-sel pada lembar kerja Microsoft Excel dapat disisipkan ataupun dihapus dengan cara yang mudah. Berikut ini akan dibuat pendataan persediaan Toko Alat Tulis Kantor untuk penerapan dalam menyisipkan dan menghapus sel.
Buat pengaturan pada ukuran sel sebagai berikut:
Tinggi baris 1                  : 9
Lebar kolom A dan B     : 3
Lebar kolom C                : 15
Lebar kolom D                : 20
Lebar kolom E dan F      : 9
Ketikkan data pada gambar 3.1 dibawah.
Simpan dengan nama Data Toko.xlsx.
Gambar 3.1 Data Toko Alat Tulis Kantor

MENYISIPKAN SEL
Sewaktu ada data tambahan yang ingin dimasukkan kedalam tabel, maka penting untuk menyisipkan sel. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk penyisipan data tambahan kedalam sel pada tabel.
Sorot atau seleksi range B6:F6.
Klik kanan Mouse pada range yang sudah diseleksi. Ada dua cara untuk memilih menu untuk menyisipkan sel yaitu:
Klik menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Insert>>pilih Insert Cells…. Atau
Klik kanan pada sel yang telah diseleksi>>pilih Insert….seperti terlihat pada gambar 3.2
 
Gambar 3.2 Menu Insert Sel

Maka akan menampilkan kotak dialog Insert.
Pilih opsi Shift cells down seperti tampak pada gambar 3.3 disamping. Lalu klik OK.
Pada sel yang baru masukkan data berikut:
Pada sel D6: Legal
Pada sel E6: 1
Pada sel D6: Rim
Gambar 3.3 Kotak Dialog Insert Sel

Lakukan langkah seperti pada gambar 3.2 dan 3.3 untuk memasukkan data berikut:
Pada sel D6: A4
Pada sel E6 : 3
Pada sel D6: Rim
Sorot range C10:F10.
Sisipkan baris lagi dengan cara yang lain yaitu, melalui menu. Pilih menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Insert>>pilih Insert Cells… masukkan data berikut:
Pada sel C10: Pensil Mekanik
Pada sel D10: -
Pada Sel E10: 15
Pada Sel F10:Buah
 
Gambar  3.4 Menu Insert Sel

MENGHAPUS DAN MEMOTONG SEL
Sewaktu memasukkan sel pada range C10:F10, penomoran pada kolom B menjadi tidak teratur, untuk merapikan penomoran, maka lakukan-langkah berikut ini.
  • Pilih sel B10 dan ketikkan angka 3.
  • Pilih sel B11 dan hapus angka 3 tersebut dengan cara mengklik tombol Delete.
  • Seleksi atau sorot range B14:B25, kemudian klik kanan Edit>>Cut atau gunakan ikon Cut pada menu Home>>group Clipboard.
  • Pilih sel B11 kemudian klik kanan Edit>>Paste atau gunakan ikon Cut pada menu Home>>group Clipboard. Untuk memindahkan nomor 4 sampai 8. Lakukan cara ini sampai semua data diberi nomor.
  • Ketikkan sel B25 dengan angka 9 untuk memberi nomor pada nama barang stabilo.
Gambar 3.5 Memotong dan Memindahkan Sel


LATIHAN
Seperti langkah-langkah yang sudah dipelajari, sisipkan dan masukkan data-data berikut ini kedalam tabel Toko Alat Tulis Kantor.
Tambahkan pada barang Pulpen data berikut:
Jenis    : Warna Merah
Jumlah : 1
Satuan : Lusin
Tambahkan pada barang Penggaris data berikut:
Jenis    : 30 cm
Jumlah : 10
Satuan : Buah
Tambahkan pada barang Spidol data berikut:
Jenis    : Permanen Merah
Jumlah : 5
Satuan : Buah
Tambahkan pada barang Stabilo data berikut:
Jenis    : Warna Biru
Jumlah : 5
Satuan : Buah
 
Gambar 3.6 Hasil Penyisipan

MENGGABUNGKAN DAN MEMECAH SEL
Beberapa sel pada Microsoft Excel dapat digabungkan sesuai kebutuhan dengan menggunakan fasilitas Merge Cell. Selain itu, sel-sel yang sudah digabungkan dapat dipecahkan kembali, berikut ini adalah beberapa langkah dan contoh untuk melakukan penggabungan atau memecah sel.
  • Sorot atau seleksi range B5:B7
  • Klik menu Home>>group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells….atau klik kanan pilih Format Cells…untuk menampilkan kotak dialog Format Cell.
  • Pilih dan klik tab Alignment.
  • Centang kotak Merge Cells.
  • Buat pengaturan sebagai berikut untuk menggabungkan 3 baris pada kolom B.
  • Setelah itu klik OK.
Gambar 3.7 Kotak Dialog Format Cell

Dengan cara yang sama, buat penggabungan dari baris-baris dari kolom-kolom tertentu dengan range sebagai berikut.
Range C5:C7            Range C8:C9
Range B8:B9            Range C11:C13
Range B11:13          Range C14:C16  
Range B14:B16        Range C17:C19
Range B20:B21        Range C20:C21
Range B22:B27        Range C22:C27
Range B28:B30        Range C28:C30
Catatan:
Untuk memecah kembali sel yang sudah digabungkan, maka lakukan langkah berikut ini:
  • Klik sel yang sudah digabungkan sebelumnya.
  • Untuk menampilkan kotk dialog Format Cell dengan cara klik menu Home>>pilih group Cells>>pilih Format>>pilih Format Cells…. Atau klik kanan pilih Format Cells….>>pilih dan klik tab Alignment.
  • Klik tanda centang Merge Cells. Dengan menghapus atau menghilangkan tanda centang pada kotak Merge Cells, maka penggabungan sel akan dibatalkan.
  • Setelah itu tombol OK.
GARIS TEPI PADA TABEL
Garis tepi pada tabel digunakan untuk memisahkan data yang telah diketikkan pada baris dan kolom berikut ini:
Sorot atau seleksi seluruh tabel
Aktifkan menu Home>>pilih group Font>>pilih ikon Border>>pilih All Borders…. Atau
Aktifkan menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells… kemudian pilih tab Border.
Nampak seperti terlihat pada gambar 3.8 ini.
Gambar 3.8 Membuat Garis

VARIASI GARIS TEPI
Garis tepi pada tabel digunakan untuk memisahkan data yang telah diketikkan pada baris dan kolom. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memberikan garis tepi pada tabel.
Untuk memunculkan gambar disamping ikuti langkah dibawah ini.
Aktifkan menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells…tampil kotak dialog Format Cells kemudian pilih tab Border.
Atur border sesuai dengan kebutuhan anda.
Gambar 3.9 Kotak Dialod Format Cells>Border

LATIHAN
Buatlah piramida makanan dengan menggunakan metode dan fasilitas Merge pada Microsoft Excel!
Buat pengaturan paa kolom dengan menggunakan menu Home>>group Cells>>pilih ikon Format>>Column Width…. Berikut pengaturan yang perlu dibuat pada kolom:
Kolom A dan L beri pengaturan Column Width: 3
Kolom B:K beri pengaturan Column Width: 8
Kolom M beri pengaturan Column Width: 17
Buat pengaturan pada baris dengan menggunakan menu Home>>group Cells>>pilih ikon Format>>Row Height….
Baris 1,4-5,7,9 dan 11, beri pengaturan Row Height: 12,75.
Baris 2 beri pengaturan Row Height: 30
Baris 3 beri pengaturan Row Height: 7
Baris 6, 8, 10, 12 dan 14 beri pengaturan Row Height: 91,5.
Simpan dengan nama Piramida.xlsx
Gunakan WordArt untuk memasukkan judul dokumen dari menu Insert>>group Text>>pilih ikon Word Art…pilih tab Format>>Text yang akan digunakan dan ketikkan judul PIRAMIDA MAKANAN.
Letakkan judul pada sel B2 dan buat pengaturan pada ukuran WordArt sehingga WordArt persis berada dalam range B2:I2 seperti tampak pada gambar 3.10 dibawah ini.
Gambar 3.10 Text WordArt
Pada sel B4, ketikkan teks Gunakan Piramida Makanan ini untuk merencanakan pilihan makanan sehat.
Sorot atau seleksi range F6:G6
Gabungkan dua sel ini menggunakan fasilitas merge Cells.
Berikan garis tepi pada sel gabungan dengan langkah-langkah yang telah dipelajari.
Buat penggabungan yang sama pada sel-sel lainnya dengan range sebagai berikut:
Range E8:F8                        Range H10:I10
Range D10:E10                   Range G12:H12
Range C12:D12                   Range F14:G14 
Range B14:C14                   Range I12:J12
Range G8:H8                       Range H14:I14 
Range F10:G10                   Range J14:K14
Range E12:F12
Range D14:E14
Berikan garis-garis tepi pada sel-sel yang telah digabungkan sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar piramida.
Gambar 3.11 Piramida Makanan
Carilah gambar-gambar berikut: Roti Gandum, Padi atau Nasi, Gandum, Kentang, Sereal, Tomat, Pisang, Brokoli, Jus Jeruk, Susu, Keju, Yogurt, Daging-dagingan (Sapi, Ayam dan Ikan) dan Telur, Kacang-kacangan, Makanan Pelengkap (seperti: Minyak, Makanan Goreng-gorengan, Coklat, Pemanis dan sebagainya).

LATIHAN 2
Buatlah struktur kelas dengan menggunakan metode dan fasilitas Merge pada Microsoft Excel, seperti terlihat pada gambar berikut ini!
Gambar 3.12 Struktur Kelas


PERTANYAAN
  1. Bagaimana cara menyisipkan data atau sel pada Microsoft Excel?
  2. Jelaskan cara menghapus data yang tidak di-inginkan dari sel tertentu!
  3. Sebutkan nama fasilitas pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menggabungkan dua sel atau lebih?
  4. Jelaskan cara menggabungkan dua sel pada Microsoft Excel!
  5. Jelaskan cara memecahkan sel-sel yang sudah digabung sebelumnya!
  6. Jelaskan cara meletakkan posisi teks di tengah-tengah sel yang sudah digabungkan!
  7. Jelaskan cara memberi garis tepi Outline pada sel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer