- Siswa mampu memilih range pada sel.
- Siswa mampu menyisipkan data pada sel.
- Siswa mampu menghapus, memotong, menggabungkan dan memecah sel.
- Siswa mampu membuat struktur kelas dengan microsoft excel.
BEKERJA DENGAN SEL
Data yang dimasukkan ke dokumen Microsoft Excel akan diketikkan pada
sel. Setiap sel pada Microsoft Excel dapat diatur sedemikian rupa sehingga data-data
yang terdapat pada sel tersebut dapat ditampilkan sesuai kebutuhan. Berikut ini
akan dibahas cara menyisipkan dan menghapus sel, melakukan penggabungan
beberapa sel menjadi satu ataupun memecahkan kembali sel yang sudah tergabung.
MENYISIPKAN DAN
MENGHAPUS SEL
Sel-sel pada lembar kerja Microsoft Excel dapat disisipkan ataupun
dihapus dengan cara yang mudah. Berikut ini akan dibuat pendataan persediaan
Toko Alat Tulis Kantor untuk penerapan dalam menyisipkan dan menghapus sel.
Buat pengaturan pada ukuran sel sebagai berikut:
Tinggi baris 1 : 9Lebar kolom A dan B : 3Lebar kolom C : 15Lebar kolom D : 20Lebar kolom E dan F : 9
Ketikkan data pada gambar 3.1 dibawah.
Simpan dengan nama Data Toko.xlsx.
Gambar 3.1 Data Toko Alat Tulis Kantor
MENYISIPKAN SEL
Sewaktu ada data tambahan yang ingin dimasukkan kedalam tabel, maka
penting untuk menyisipkan sel. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk
penyisipan data tambahan kedalam sel pada tabel.
Sorot atau seleksi range
B6:F6.
Klik kanan Mouse pada range yang sudah diseleksi. Ada dua cara
untuk memilih menu untuk menyisipkan sel yaitu:
Klik menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Insert>>pilih Insert Cells…. AtauKlik kanan pada sel yang telah diseleksi>>pilih Insert….seperti terlihat pada gambar 3.2
Gambar 3.2 Menu Insert Sel
Maka akan menampilkan kotak dialog Insert.
Pilih opsi Shift cells down
seperti tampak pada gambar 3.3 disamping. Lalu klik OK.
Pada sel yang baru masukkan data berikut:
Pada sel D6: LegalPada sel E6: 1Pada sel D6: Rim
Gambar 3.3 Kotak Dialog Insert Sel
Lakukan langkah seperti pada gambar 3.2 dan 3.3 untuk memasukkan data berikut:
Pada sel D6: A4Pada sel E6 : 3Pada sel D6: Rim
Sorot range C10:F10.
Sisipkan baris lagi dengan cara yang lain yaitu, melalui menu. Pilih
menu Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Insert>>pilih Insert Cells… masukkan data berikut:
Pada sel C10: Pensil MekanikPada sel D10: -Pada Sel E10: 15Pada Sel F10:Buah
Gambar 3.4 Menu Insert Sel
MENGHAPUS DAN
MEMOTONG SEL
Sewaktu memasukkan sel pada range
C10:F10, penomoran pada kolom B menjadi tidak teratur, untuk merapikan
penomoran, maka lakukan-langkah berikut ini.
- Pilih sel B10 dan ketikkan angka 3.
- Pilih sel B11 dan hapus angka 3 tersebut dengan cara mengklik tombol Delete.
- Seleksi atau sorot range B14:B25, kemudian klik kanan Edit>>Cut atau gunakan ikon Cut pada menu Home>>group Clipboard.
- Pilih sel B11 kemudian klik kanan Edit>>Paste atau gunakan ikon Cut pada menu Home>>group Clipboard. Untuk memindahkan nomor 4 sampai 8. Lakukan cara ini sampai semua data diberi nomor.
- Ketikkan sel B25 dengan angka 9 untuk memberi nomor pada nama barang stabilo.
Gambar 3.5 Memotong dan Memindahkan Sel
LATIHAN
Seperti langkah-langkah yang sudah dipelajari, sisipkan dan masukkan
data-data berikut ini kedalam tabel Toko Alat Tulis Kantor.
Tambahkan pada barang Pulpen data berikut:
Jenis : Warna MerahJumlah : 1Satuan : Lusin
Tambahkan pada barang Penggaris data berikut:
Jenis : 30 cmJumlah : 10Satuan : Buah
Tambahkan pada barang Spidol data berikut:
Jenis : Permanen MerahJumlah : 5Satuan : Buah
Tambahkan pada barang Stabilo data berikut:
Jenis : Warna BiruJumlah : 5Satuan : Buah
Gambar 3.6 Hasil Penyisipan
MENGGABUNGKAN
DAN MEMECAH SEL
Beberapa sel pada Microsoft Excel dapat digabungkan sesuai
kebutuhan dengan menggunakan fasilitas Merge
Cell. Selain itu, sel-sel yang sudah digabungkan dapat dipecahkan kembali,
berikut ini adalah beberapa langkah dan contoh untuk melakukan penggabungan
atau memecah sel.
- Sorot atau seleksi range B5:B7
- Klik menu Home>>group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells….atau klik kanan pilih Format Cells…untuk menampilkan kotak dialog Format Cell.
- Pilih dan klik tab Alignment.
- Centang kotak Merge Cells.
- Buat pengaturan sebagai berikut untuk menggabungkan 3 baris pada kolom B.
- Setelah itu klik OK.
Gambar 3.7 Kotak Dialog Format Cell
Dengan cara yang sama, buat penggabungan dari baris-baris
dari kolom-kolom tertentu dengan range
sebagai berikut.
Range C5:C7 Range C8:C9
Range B8:B9 Range C11:C13
Range B11:13 Range C14:C16
Range B14:B16 Range C17:C19
Range B20:B21 Range C20:C21
Range B22:B27 Range C22:C27
Range B28:B30 Range C28:C30
Catatan:
Untuk memecah kembali sel yang sudah digabungkan, maka
lakukan langkah berikut ini:
- Klik sel yang sudah digabungkan sebelumnya.
- Untuk menampilkan kotk dialog Format Cell dengan cara klik menu Home>>pilih group Cells>>pilih Format>>pilih Format Cells…. Atau klik kanan pilih Format Cells….>>pilih dan klik tab Alignment.
- Klik tanda centang Merge Cells. Dengan menghapus atau menghilangkan tanda centang pada kotak Merge Cells, maka penggabungan sel akan dibatalkan.
- Setelah itu tombol OK.
GARIS
TEPI PADA TABEL
Garis tepi pada tabel digunakan untuk memisahkan data yang
telah diketikkan pada baris dan kolom berikut ini:
Sorot atau seleksi seluruh tabel
Aktifkan menu Home>>pilih
group Font>>pilih ikon Border>>pilih All Borders…. Atau
Aktifkan menu Home>>pilih
group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells… kemudian pilih tab Border.
Nampak seperti terlihat pada gambar 3.8 ini.
Gambar 3.8 Membuat Garis
VARIASI
GARIS TEPI
Garis tepi pada tabel digunakan untuk memisahkan data yang
telah diketikkan pada baris dan kolom. Berikut ini adalah langkah-langkah yang
dapat dilakukan untuk memberikan garis tepi pada tabel.
Untuk memunculkan gambar disamping ikuti langkah dibawah ini.
Aktifkan menu Home>>pilih
group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells…tampil kotak dialog Format Cells kemudian pilih tab Border.
Atur border sesuai dengan kebutuhan anda.
Gambar 3.9 Kotak Dialod Format Cells>Border
LATIHAN
Buatlah piramida makanan dengan menggunakan metode dan fasilitas Merge pada Microsoft Excel!
Buat pengaturan paa kolom dengan menggunakan menu Home>>group Cells>>pilih
ikon Format>>Column Width…. Berikut pengaturan yang
perlu dibuat pada kolom:
Kolom A dan L beri pengaturan Column Width: 3Kolom B:K beri pengaturan Column Width: 8Kolom M beri pengaturan Column Width: 17
Buat pengaturan pada baris dengan menggunakan menu Home>>group
Cells>>pilih ikon Format>>Row
Height….
Baris 1,4-5,7,9 dan 11, beri pengaturan Row Height: 12,75.Baris 2 beri pengaturan Row Height: 30Baris 3 beri pengaturan Row Height: 7Baris 6, 8, 10, 12 dan 14 beri pengaturan Row Height: 91,5.
Simpan dengan nama Piramida.xlsx
Gunakan WordArt untuk memasukkan judul dokumen dari menu Insert>>group Text>>pilih ikon Word Art…pilih tab Format>>Text yang
akan digunakan dan ketikkan judul PIRAMIDA MAKANAN.
Letakkan judul pada sel B2 dan buat pengaturan pada ukuran WordArt
sehingga WordArt persis berada dalam range
B2:I2 seperti tampak pada gambar 3.10 dibawah ini.
Gambar 3.10 Text WordArt
Pada sel B4, ketikkan teks Gunakan Piramida Makanan ini untuk merencanakan
pilihan makanan sehat.
Sorot atau seleksi range F6:G6
Gabungkan dua sel ini menggunakan fasilitas merge Cells.
Berikan garis tepi pada sel gabungan dengan langkah-langkah yang telah
dipelajari.
Buat penggabungan yang sama pada sel-sel lainnya dengan range sebagai
berikut:
Range E8:F8 Range H10:I10Range D10:E10 Range G12:H12Range C12:D12 Range F14:G14Range B14:C14 Range I12:J12Range G8:H8 Range H14:I14Range F10:G10 Range J14:K14Range E12:F12Range D14:E14
Berikan garis-garis tepi pada sel-sel yang telah digabungkan sehingga
hasilnya akan tampak seperti gambar piramida.
Gambar 3.11 Piramida Makanan
Carilah gambar-gambar berikut: Roti Gandum, Padi atau Nasi, Gandum,
Kentang, Sereal, Tomat, Pisang, Brokoli, Jus Jeruk, Susu, Keju, Yogurt,
Daging-dagingan (Sapi, Ayam dan Ikan) dan Telur, Kacang-kacangan, Makanan
Pelengkap (seperti: Minyak, Makanan Goreng-gorengan, Coklat, Pemanis dan
sebagainya).
LATIHAN 2
Buatlah struktur kelas dengan menggunakan metode dan fasilitas Merge pada Microsoft Excel, seperti
terlihat pada gambar berikut ini!
Gambar 3.12 Struktur Kelas
PERTANYAAN
- Bagaimana cara menyisipkan data atau sel pada Microsoft Excel?
- Jelaskan cara menghapus data yang tidak di-inginkan dari sel tertentu!
- Sebutkan nama fasilitas pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menggabungkan dua sel atau lebih?
- Jelaskan cara menggabungkan dua sel pada Microsoft Excel!
- Jelaskan cara memecahkan sel-sel yang sudah digabung sebelumnya!
- Jelaskan cara meletakkan posisi teks di tengah-tengah sel yang sudah digabungkan!
- Jelaskan cara memberi garis tepi Outline pada sel!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar