- Siswa Dapat memasukkan data berupa teks dan angka
- Siswa Dapat mengolah data teks dan angka
- Siswa Dapat memodifikasi tampilan teks dan angka
- Siswa Dapat memasukkan file gambar
DATA BERUPA TEKS DAN ANGKA
Selain memasukkan berupa teks dan angka kedalam lembar
kerja microsoft excel dapat digunakan
untuk mengolah data. Berikut ini dibahas beberapa langkah untuk memasukkan data
berupa teks dan angka pada lembar kerja microsoft excel dan setelah cara
melakukan modifikasi tampilan teks dan angka.
Data pada lembar microsoft
excel dapat diberi variasi dengan menambahkan gambar-gambar grafik, berikut
ini dibahas juga cara memasukkan gambar grafik pada lembar kerja microsoft excel.
MEMASUKKAN TEKS DAN ANGKA
Berikut ini akan dibuat daftar inventaris gudang dari
suatu minimarket. Daftar Inventaris ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan
wawasan administratif bagi siswa sehingga siswa mendapatkan gambaran tentang
kebutuhan gudang suatu minimarket dan
membuat pendataan barang dengan tampilan yang menarik. Data berupak teks dan angka
pada microsoft excel dapat dimasukkan
kedalam lembar kerja dengan cara dan langkah-langkah yang sangat mudah.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat
daftar inventaris gudang:
Beri pengaturan sebagai berikut:
Jenis Teks : ArialUkuran Teks : 10
Posisi teks awal pada alamat B1
Ketikkan teks MINIMARKET
BSW
Ketikkan teks Inventaris
Gudang pada alamat B2
Buat kolom-kolom berikut untuk daftar inventaris:
Kolom A lebar kolom 1Kode Barang di Column B4, lebar kolom 15Nama Barang di Column C4, lebar kolom 35Jumlah di Column D4, lebar kolom 10Kolom E lebar kolom 1
Masukkan data pada daftar inventaris seperti tampak
pada gambar 2.2.
Gambar 2.1 Pengaturan Font
2.2 Data Inventaris Gudang
Simpan dokumen dengan nama InventarisGudang.xlsx
MODIFIKASI TEXT
MODIFIKASI TEXT DENGAN WORDART
Ada beberapa cara untuk memberikan tampilan yang
menarik pada teks. Kali ini akan mempelejari cara modifikasi teks dengan WordArt.
Pilih Insert>>pilih
group Text>>pilih WordArt. Pilih salahsatu bentuk yang
tersedia.
Gambar 2.3 WordArt
Setelah itu akan tampil kotak dialog Edit WordArt
Text.
Ketik kembali teks MINIMARKET BSWFont: Arial dan atur ukuran teks secara proporsionalKlik tombol OK.
Hapus judul normal ganti dengan WordArt.
Posisikan WordArt
sebagai judul halaman.
Buat pengaturan pada sel judul
Klik menu Home>>pilih
group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Row Height.
Pada kotak teks Row Height, masukkan tinggi: 50.Hapus judul normal.Atur teks WordArt berada ditengah sel.
Gambar 2.4 Row Height
Klik atau seleksi teks yang telah dibuat menggunakan WordArt.
Klik menu Format>>pilih
group WordArt Style>>pilih WordArt Style>>misal: Glow pilih sesuai keinginan.
Perhatikan bentuknya tampak langsung berubah di
Textbox WordArt tersebut.
Selain Glow
gunakan WordArt Style yang lain
misal: Shadow, Reflection, Tranform
sehingga terlihat lebih menarik.
Gambar 2.5 PengaturanWordArt
MODIFIKASI TEXT DENGAN FORMAT CELL
Teks yang sudah diketik dapat dimodifikasi baik
bentuk, ukuran dan warnanya menggunakan kotak format cell. Hal ini dilakukan untuk membuat tampilan data lebih menarik.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memodfikasi teks
menggunakan kotak format cell.
Format Cells...>>Font.
Aktfikan alamat sel B2 yang berisi teks Iventaris
Gudang.
Klik menu Home>>pilih
group Font>>klik sudut bawah
kanan tanda panah kecil>>muncul kotak dialog Format Cells...>>pada kotak dialog format cells.
Pilih tab FontPada kotak Font Style, pilih jenis font Bold.Pada kotak Size, pilih ukuran font 18pt.
Pilih warna yang di-inginkan pada kotak color.
Setelah selesai, klik OK.
Gambar 2.6 Font Style dan Size
Format Cells...>>Alignment.
klik sudut bawah kanan tanda panah kecil>>muncul
kotak dialog Format Cells...>>pada
kotak dialog Format Cells.
Pilih tab Alignment
Pada kotak Horizontal,
pilih Left, Right, Center dll.
Pada kotak Vertical,
pilih Left, Right, Center dll.
Setelah selesai, klik OK.
Gambar 2.7 Align Horizontal - Vertical
Selain melakukan pengaturan pada bentuk, ukuran dan warna teks, kotak dialog Format Cells dapat digunakan untuk mengatur
isi dari suatu kolom. Misalnya untuk mengatur satuan dari suatu angka.
Format Cells...>>Number.
Seleksi atau pilih isi dari kolom Jumlah pada Range D5:D11 dibaca D5 sampai D11.
Klik menu Home>>pilih
group Number>> klik sudut bawah
kanan tanda panah kecil>>muncul kotak dialog Format Cells...>>pada kotak dialog format cells.
Pilih Tab Number.
Pada bagian Category,pilih
Custom.
Pada bagian Type,
ketikkan 0 “buah”. Lihat gambar 2.8.
Setelah selesai, klik OK.
Gambar 2.8 Custer User
Catatan: Untuk menampilkan kotak dialog Format Cells dapat juga dilakukan
dengan cara:
Klik menu Home>>pilih
group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Cell, maka muncul kotak dialog Format
Cells. Atau dengan Shorcut Ctrl+1.
MODIFIKASI TEXT DENGAN FORMATTING TOOLBAR
Selain menggunakan Format
Cells pengaruran teks dapat dilakukan dengan menggunakan Formatting Toolbar. Misalnya untuk
mengatur perataaan teks dan bentuk teks, berikut langkahnya:
Seleksi tiga judul kolom dari tabel Inventaris, pada
range B4:D4, dibaca: range B4 sampai D4, jadi terdiri dari kolom Kode, Nama Barang, Jumlah.
Pada Formatting Toolbar,
klik ikon Bold untuk menebalkan teks
judul dari setiap kolom.
Untuk membuat perataan tengah, klik ikon Center pada Formatting Toolbar.
Gambar 2.9 Pengaturan Font dan Alignment Group
Selain digunakan untuk untuk mengatur teks, Formatting Toolbar dapat juga digunakan
untuk memasukkan garis pada tabel.
Penggunaan Border
Seleksi tabel dari range B4:D11.
Pada Formatting
Toolbar, klik ikon Border.
Simpan kembali dokument dengan menggunakan File Button menu File>>Save atau
bisa menggunakan Quick Access>>klik
ikon Save.
Gambar 3.10 Penggunaan Border
MENAMBAHKAN GAMBAR
Salah satu cara untuk membuat Worksheet yang menarik adalah dengan menambahkan gambar grafik
kedalam. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk memasukkan gambar
grafik kedalam worksheet.
Pilih tab Insert>>pilih
Ilusstration>>pilih Picture lalu dari di Drive dimana gambar akan anda masukkan.
Untuk mencari ClipArt
pilih tab Insert>>Illustrations>>Online Picture>>cari
clip dikotak Office ClipArt.
Untuk membut Shape
pilih tab Insert>>Illustrations>>Shape>>pilih Shape yang diinginkan.
Untuk
membuat SmartArt pilih tab Insert>>Illustrations>>SmartArt>>pilih
SmartArt Style yang diinginkan.
Gambar 2.11 Group Illustration
Fitur selanjutnya dalam Illustrations adalah Screenshoot.
Kita dapat mengambil gambar dari hasil Screenshoot
dalam fitur ini dapat langsung disisipkan kedalam halaman.
Untuk menggunakan Fitur
Screenshot pilih tab Insert>>Illustrations>>Screenshot pilih Screen clipping, kursor akan berubah menjadi tanda +, drag dan
arahkan ke gambar yang akan di Screenshoot. Setelah itu lalu muncul gambar yang
telah di Screenshoot tersebut kedalam
halaman.
PICTURE TOOLBAR
Picture Toolbar berisi kumpulan tombol yang akan
digunakan untuk memodifikasi dan mengatur tampilan dari gambar yang dipilih.
Gambar 2.12 Format – Picture Tools
Keterangan gambar diatas ada empat group besar dan
didalam group besar terdapat tools yang membatu pengguna untuk mempermudah
pengolahan gambar, yaitu: Adjust, Picture Style, Arrange dan Size.
Group Adjust
Remove Background: digunakan untuk
menghapus latar pada gambar
Color: digunakan untuk
mengganti dan menyesuaikan warna dari objek gambar.
Correction: digunakan untuk
menerangkan atau memudarkan warna objek gambar.
Artistic Effects: digunakan untuk
memberi efek artistik pada gambar agar menjadi terlihat.
Group Pictures
Style
Picture Style: digunakan untuk
memutar objek gambar kekiri.
Picture Border: digunakan untuk
memberikan garis pada setiap sisi gambar.
Picture Effects: digunakan untuk
memberikan effect pada gambar.
Picture Layout: digunakan untuk
mengatur tata letak SmartArt pada
gambar.
Group Arrange
Bring Forward: digunakan untuk
membawa object pada antrian posisi
paling atas.
Send Backward: digunakan untuk
membawa object pada antrian posisi
paling bawah.
Selection Pane: digunakan untuk
memberikan effect pada gambar.
Align: digunakan untuk
mengatur posisi alignment pada
gambar.
Group: digunakan untuk
menggabungkan beberapa gambar.
Rotate: digunakan untuk
memutar objeck gambar.
Group Size
Crop: digunakan untuk
memotong objek gambar sesuai dengan kebutuhan.
MEMBERI EFFECT PADA GAMBAR
Gambar perlu dimodfikasi sedemikian rupa agar dokumen terlihat lebih
menarik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk
memodifikasi objek gambar dengan beberapa effect
yang tersedia dalam Excel 2013.
Klik objek gambar.
Klik pada menubar Format>>pilih Picture Effect>>lalu gambar akan diberi beberapa pilihan effect yang kita inginkan, seperti: Shadow, Glow, Bevel.
Gambar 2.13 Format Gambar
Lalu akan terlihat hasil seperti gambar 2.14.
Gambar 2.14 Format Objek Gambar
Keterangan: Objek gambar diatas menggunakan Effect Bevel, Bevel digunakan
untuk memberi effect frame agar
terlihat seperti 3D.
GRIDLINES
Gridlines merupakan
garis-garis tipis yang menghubungkan kolom dan baris. Agar terlihat lebih
menarik, gridlines dapat dihilangkan dengan langkah-langkah berikut:
Klik menu View>>pilih group Shadow>>pilih
Gridlines.
Hasil akhir dari pembuatan Daftar
Inventaris Gudang dapat dilihat pada gambar 2.15 dibawah ini.
Setelah selesai, simpan kembali hasil
akhir dokumen.
Gambar 2.15 Menghilangkan Gridlines
LATIHAN
TUGAS 1
Buatlah dartar harga makanan untuk sebuah kafe seperti
gambar.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
Buatlah pengaturan pada tinggi dan baris cell dengan menggunakan menu Home>>pilih
group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Row Height...untuk tinggi baris dan pilih Culumn Width...untuk lebar kolom.
Gambar 2.16 Pengaturan Lembar Kerja
Gambar 2.17 Hasil Cafe Maknyos
Buatlah pengaturan pada posisi teks menggunakan kotak
dialog Format Cells!
- Klik menu atau tab Ribbon Home>>pilih group Cells>>pilih ikon Format>>pilih Format Cells...
- Pada kotak dialog Format Cell>>pilih tab Alignment.
- Pada bagian Text Alignment buat pengaturan berikut:
Horizontal Center: Center.Vertical Center : Center.
- Setelah itu, klik OK.
Masukkan gambar-gambar grafik yang menarik pada kolom
Foto!
- Klik menu Insert>>pilih Illustrations>>pilih Picture.
- Menu ini akan menampilkan kotak dialog Insert Picture.
- Pada kotak Combo Look In cari direktori atau folder tempat meletakkan dokumen gambar.
- Pilih gambar yang akan dimasukkan.
- Klik tombol Insert untuk memasukkan gambar ke dokumen Excel!
Lalukan penyesuaian pada ukuran foto sehingga
ukurannya sesuai dengan ukuran yang tersedia!
- Klik foto yang akan disesuaikan.
- Klik kanan pada gambar>>pilih Size and Properties.
- Beri tanda centang pada kotak Checkbox pada bagian Lock aspect ratio sehingga ukuran tinggi dan lebar dari gambar disesuaikan dengan rasio aslinya.
- Pada bagian Size and Rotate buat pengaturan sebagai berikut:
- Tinggi atau Height gambar, kemudian tekan enter karena pada bagian lock aspect ratio sudah dicentang, maka tidak perlu dibuat pengaturan untuk width dari gambar.
- Setelah selesai, klik tombol (x) close.
Gambar 2.18 Pengaturan Penyesuaian Photo
Masukkan foto-foto lainnya untuk gambar pendukung!
Simpan dengan nama ListHargaMakan.xlsx.
TUGAS 2
Buatlah daftar tempat Wisata yang kalian ketahui!
buatlah dengan ketentuan:
- Buat minimal lima tempat wisata!
- Atur cell agar lebih tertata rapi!
- Sisipkan gambar dan teks agar terlihat menarik!
- Simpan dengan nama Wisata.xlsx!
PERTANYAAN
- Apakah yang dimaksud dengan cell pointer?
- Bagaimana cara mengatur lebar kolom atau baris?
- Bagaimana cara memasukkan WordArt pada Excel 2013?
- Sebutkan beberapa jenis data yang dapat disisipkan di Excel 2013!
- Sebutkan langkah-langkah modifikasi teks dengan format Toolbar!
- Jelaskan cara menyimpan dokumen pada Excel 2013!
- Apakah fungsi dari Border?
- Jelaskan cara memberi Border pada Excel 2013!
- Sebutkan Tools yang terdapat pada Picture! Jelaskan fungsinya!
- Jelaskan langkah-langkah merubah effect pada gambar di Excel 2013!
- Apakah fungsi dari Gridlines?
Pak, dengan given 7A, kalau yang daring buat latihan 2 nya gimana, pak? Apakah boleh memakai aplikasi excel di hp? Bgmn caranya, mhn petunjuk, trimaksih
BalasHapusEllema Jaurq Sitohang
BalasHapus1. Petunjuk sel yamg aktif
2. •Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin di ubah
•Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format
•Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom
•Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang di inginkan
•klik ok
3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
•Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
•Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
4. teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date)
•5.•seleksi teks yang ingin di format
•klik menu format
•klik memu font
•selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
6. •Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
•Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
•Pilih SAVE AS jika belum pernah menyimpannya sama sekali.
•Pilih bagian BROWSE untuk memilih tempat dimana kita akan menyimpan
•ganti nama terlebih dahulu agar midah dalam melakukan pencarian
•kemudiam pilih tombol save
7. Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan
8. •Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
•Klik tab Home.
•Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
•Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
9. •Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar
•Picture Styles >> Untuk mengatur style gambar
•Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen
•Size >> Untuk mengatur ukuran gambar
10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.
jawaban
BalasHapus1. Penunjuk sel yang aktif
2 . - pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin diubah
- Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
- Di bawah Ukuran Sel, klik lebar kolom
- Di kotak lebar kolom , ketikkan nilai yang Anda inginkan.
- klik ok
3 . - Klik tab Insert.
- Klik Text.
- Klik Text.
-Klik style WordArt yang diinginkan
- Ketikkan teks.
-Klik pada border teks WordArt.
- Klik tab Home.
- Klik tanda-panah-kebawah Font.
- Klik huruf yang Anda inginkan.
4. data teks (label),angka (value), waktu (time),dan tanggal (date).
5 . Misalkan pada program Ms. Word 2003:
1. seleksi teks yang ingin diformat (blok dengan mouse)
2. klik menu Format dan klik Font
selanjutnya akan tampil kotak dialog Font dan teksnya dapat dimodifikasi sesuai keinginan.
6. - Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
- Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
- Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
- Ganti nama terlebih dahulu agar mudah dalam melakukan pencarian.
- Kemudian pilih tombol SAVE.
7 . fungsi border memberi garis dan dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan.
8 . - Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border
- Klik tab Home.
- Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
- Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
9 . - Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar.
- Picture style >> Untuk mengatur style gambar.
-Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen.
- size >> Untuk mengatur ukuran gambar.
10 . -Klik gambar lalu klik tab Format gambar
- Klik effect gambar arahkan ke tipe efek lalu klik efek yang Anda inginkan.
- untuk menyelaraskan efek klik Opsi di bagian bawah menu efek apa pun.
11 . Untuk memberi garis-garis pada background seperti garis di Microsoft Excel
Jawaban Josep 7F
Hapus1. Petunjuk sel yamg aktif
2. •Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin di ubah
•Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format
•Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom
•Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang di inginkan
•klik ok
3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
•Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
•Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
4. teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date)
•5.•seleksi teks yang ingin di format
•klik menu format
•klik memu font
•selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
6. •Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
•Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
•Pilih SAVE AS jika belum pernah menyimpannya sama sekali.
•Pilih bagian BROWSE untuk memilih tempat dimana kita akan menyimpan
•ganti nama terlebih dahulu agar midah dalam melakukan pencarian
•kemudiam pilih tombol save
7. Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan
8. •Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
•Klik tab Home.
•Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
•Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
9. •Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar
•Picture Styles >> Untuk mengatur style gambar
•Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen
•Size >> Untuk mengatur ukuran gambar
10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.
jawaban yemima
BalasHapus1. Penunjuk sel yang aktif
2 . - pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin diubah
- Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
- Di bawah Ukuran Sel, klik lebar kolom
- Di kotak lebar kolom , ketikkan nilai yang Anda inginkan.
- klik ok
3 . - Klik tab Insert.
- Klik Text.
- Klik Text.
-Klik style WordArt yang diinginkan
- Ketikkan teks.
-Klik pada border teks WordArt.
- Klik tab Home.
- Klik tanda-panah-kebawah Font.
- Klik huruf yang Anda inginkan.
4. data teks (label),angka (value), waktu (time),dan tanggal (date).
5 . Misalkan pada program Ms. Word 2003:
1. seleksi teks yang ingin diformat (blok dengan mouse)
2. klik menu Format dan klik Font
selanjutnya akan tampil kotak dialog Font dan teksnya dapat dimodifikasi sesuai keinginan.
6. - Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
- Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
- Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
- Ganti nama terlebih dahulu agar mudah dalam melakukan pencarian.
- Kemudian pilih tombol SAVE.
7 . fungsi border memberi garis dan dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan.
8 . - Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border
- Klik tab Home.
- Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
- Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
9 . - Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar.
- Picture style >> Untuk mengatur style gambar.
-Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen.
- size >> Untuk mengatur ukuran gambar.
10 . -Klik gambar lalu klik tab Format gambar
- Klik effect gambar arahkan ke tipe efek lalu klik efek yang Anda inginkan.
- untuk menyelaraskan efek klik Opsi di bagian bawah menu efek apa pun.
11 . Untuk memberi garis-garis pada background seperti garis di Microsoft Excel
Janniece n.k 7f
BalasHapus1.Cell Pointer (Penunjuk Sel) Adalah Penunjuk sel yang aktif.
2.*Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin Anda ubah.
*Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
*Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom.
*Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang Anda inginkan.
*Klik OK.
3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
•Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
•Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
4.empat jenis data yang dapat dimasukkan ke dalam sel pada program pengolah angka Microsoft Excel yaitu data teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date).
5.•seleksi teks yang ingin di format
•klik menu format
•klik memu font
•selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
6.*Membuka buku kerja yang ingin Anda simpan.
*Klik File > Simpan Sebagai.
*Di bawah Tempat, pilih tempat Anda ingin menyimpan buku kerja.
*Di kotak dialog Simpan Sebagai, navigasi ke lokasi yang Anda inginkan.
*Di daftar Simpan sebagai tipe, klik format file yang Anda inginkan.
7.Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan.
8.Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
•Klik tab Home.
•Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
•Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
9.*Adjust = Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar.
*Picture Styles = Untuk mengatur style gambar.
*Arrange = Untuk mengatur posisi gambar di dokumen.
*Size = Untuk mengatur ukuran gambar.
10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.
11.Gridline Excel adalah garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.
Joy Situngkir
BalasHapus1. Petunjuk sel yamg aktif
2. •Pilih kolom atau beberapa kolom yang ingin di ubah
•Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format
•Di bawah Ukuran Sel, klik Lebar Kolom
•Di kotak Lebar kolom, ketikkan nilai yang di inginkan
•klik ok
3. •Klik Sisipkan>WordArt, dan pilih gaya WordArt yang Anda inginkan.
•Teks placeholder "Teks Anda di sini" muncul, dengan teks yang disorot
•Masukkan teks Anda sendiri untuk mengganti teks placeholder.
4. teks (label), angka (value), waktu (time), dan tanggal (date)
•5.•seleksi teks yang ingin di format
•klik menu format
•klik memu font
•selanjutnya akan tampil kotak dialog font dan teksnya dapat di modifikasi sesuai keinginan
6. •Klik atau Pilih access toolbar bagian FILE.
•Pilih SAVE jika sudah pernah menyimpan sebelumnya.
•Pilih SAVE AS jika belum pernah menyimpannya sama sekali.
•Pilih bagian BROWSE untuk memilih tempat dimana kita akan menyimpan
•ganti nama terlebih dahulu agar midah dalam melakukan pencarian
•kemudiam pilih tombol save
7. Selain memberi garis, fungsi border juga dapat menghapus garis jika terjadi kekeliruan
8. •Pilih cell yang di sekelilingnya ingin Anda tambahkan border.
•Klik tab Home.
•Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Border.
•Klik tipe border yang ingin Anda gunakan.
9. •Adjust >> Berisi pengaturan umum yang digunakan untuk mengatur gambar
•Picture Styles >> Untuk mengatur style gambar
•Arrange >> Untuk mengatur posisi gambar di dokumen
•Size >> Untuk mengatur ukuran gambar
10. garis kotak-kotak yang membatasi setiap Cell yang berfungsi untuk membantu Anda mengetahui batas antara setiap cell pada Microsoft Excel.