e-sinaukomputer: BAB 3 | APLIKASI PENGOLAH GAMBAR CORELDRAW

Senin, 10 Agustus 2020

BAB 3 | APLIKASI PENGOLAH GAMBAR CORELDRAW

Indikator Hasil Belajar

  1. Pengenalan Pengertian dari Program Aplikasi
  2. Pengenalan Aplikasi Pengolah Gambar
  3. Mengenal CorelDraw


PROGRAM APLIKASI

Program aplikasi pada komputer merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya.Dalam sebuah komputer aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.

Dapat diartikan program Aplikasi adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Jika sistem operasi komputer (misalnya Windows) berfungsi untuk melakukan operasi dasar, program aplikasi tertentu bisa ditambahkan (install) untuk melengkapi kemampuan sistem operasi komputer untuk melakukan tugastugas yang lebih spesifik.

Berikut adalah beberapa program aplikasi tertentu pada Operating System Windows :

1. Word Processing

Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh: Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

2. Desktop Publishing

Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.

3. Program Spreadsheet

Merupakan program-program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.

4. Database Management System

Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.

5. Pengolah Gambar atau Desain

Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.

6. Game

Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.


APLIKASI PENGOLAH GAMBAR

Perangkat lunak pengolah gambar banyak digunakan untuk keperluan desain grafis, misalnya untuk membuat poster,ilustrasi,undangan,dan sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar, pengguna akan dipermudah untuk melakukan desain sebuah karya dengan beberapa langkah mudah menggunakan media komputer. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan hasil karya desain daripada menggunakan cara konvensional.

Berikut adalah macam-macam aplikasi pengolah gambar desain :

1. Adobe Photoshop

Photoshop adalah aplikasi berlisensi yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Adobe. Aplikasi ini mengolah gambar berbasis bitmap yang memiliki kelebihan untuk mengedit dan juga mengolah gambar dengan ilustrasi layaknya foto.

Gambar 3.1 Photoshop salah satu aplikasi pengolah gambar

2. CorelDraw

Aplikasi berlisensi CorelDraw dikembangkan oleh perusahaan Corel yang sangat sekali cocok untuk mengolah desain grafis berbasis vektor, seperti contohnya logo, gambar kartun, cutting sticker, dan lain-lain. Keunggulan dengan memanfaatkan gambar vektor adalah hasil desain tidak akan mengalami pecah jika dilakukan perbesaran.

Gambar 3.2 CorelDraw salah satu aplikasi pengolah gambar

3. Gimp

Program aplikasi GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program dan bersifat free lisensi dan dapat digunakan ke berbagai macam keperluan, seperti mengolah foto, mengkomposisi gambar (citra) dan membuat gambar.

Gambar 3.3 GIMP adalah aplikasi pengolah gambar bersifat free lisensi


CORELDRAW

Kemajuan teknologi informasi telah memberikan banyak manfaat dalam dunia komunikasi, salah satunya adalah dalam perannya yang mampu menampilkan komunikasi secara visual yang tidak hanya dalam bentuk tampilan huruf dan angka saja tetapi juga dalam bentuk grafis.

Saat ini, perkembangan media berkomunikasi dengan penyelesaian grafispun telah menawarkan banyak pilihan, antara lain melalui desain dengan menggunakan program Corel Draw. Corel Draw pada dasarnya merupakan sebuah alat yang memerlukan kreatifitas, memiliki kemudahan-kemudahan dalam proses kerja yang didapat melalui beberapa fasilitas dalam menciptakan desain sebuah objek.

Dalam mengaktifkan aplikasi Corel Draw pada komputer, terlebih dahulu perlu memahami area kerja atau kanvas yang muncul pada layar monitor, sehingga fasilitas serta peralatan yang tersedia dapat digunakan secara optimal dalam menciptakan desain.


MENJALANKAN APLIKASI CORELDRAW

Kita bisa membuka program Corel Draw seperti membuka program lain (under Windows). Untuk membuka program Corel Draw :

  1. Klik tombol start yang ada pada task bar.
  2. Pilih menu All Programs, selanjutnya klik ikon Corel Draw X7 (atau versi yang lain)
  3. Tunggu sampai tampilan program Corel Draw berjalan.
Atau lakukan klik ganda pada shortcut Corel Draw yang ada di desktop komputer.
Gambar 3.4 Tampilan ikon shortcut CorelDraw dan tampilan loading aplikasi CorelDraw

TAMPILAN AWAL CORELDRAW

Gambar 3.5 Tampilan awal CorelDraw

Tampilan awal CorelDraw memberikan beberapa pilihan sebelum kita bekerja pada layar CorelDraw, pilihan tersebut adalah :

  1. New Document : untuk memulai mengawali pembuatan desain baru.
  2. Open Recent : untuk membuka kembali file CorelDraw yang sudah disimpan sebelumnya dan akan diolah kembali pada aplikasi.
  3. New From Template : membuat gambar dengan desain dasar dan style yang sudah disediakan oleh CorelDraw.

MENGENAL LEMBAR KERJA CORELDRAW

Pertama harus mengenal dan memahami terlebih dahulu jendela kerja CorelDraw, agar dapat menggunakan fasilitas yang ada secara maksimal. Ada beberapa elemen yang perlu diketahui, yaitu : Title Bar, Menu Bar, Toolbar (Standard), Property bar, Toolbar, Rules, Color Palette, Drawing Window, Drawing Page, Status Bar, Document Navigator, Navigator, dan Docker. Hal ini sangat penting diketahui untuk membantu dan mempermudah anda dalam belajar mendalami Corel Draw.

Gambar 3.6 Tampilan lembar kerja CorelDraw

Keterangan :
  1. Title Bar (baris judul) berisi nama file dan posisi file diletakkan pada drive penyimpanan.
  2. Menu Bar (baris perintah) berisi baris perintah dengan menu pull-down seperti File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Window, dan Help.
  3. Property Bar berisi tombol-tombol pengaturan tambahan dan akan berubah secara otomatis sesuai dengan toolbar atau perintah yang dipilih.
  4. Toolbar (standard) berisi tombol-tombol perintah standard seperti New, Open, Save, Print, Copy, Paste, dan lain-lain.
  5. Toolbar berisi tombol-tombol yang mewakili alat yang digunakan untuk membuat dan untuk melakukan editing objek. Untu tool atau alat pada Toolbar yang mempunyai tanda segitiga kecil di sebelah kanan bawah, berarti di sana masih ada perintah lain yang bisa digunakan.
  6. Drawing Page adalah lembar kerja yang akan kita gunakaan untuk membuat gamar. Untuk ukuran satuan lembar kerja atau kertas bisa kita tentukan dalam mm, cm, inches, atau pixels sesuai dengan kebutuhan.
  7. Drawing Window adalah area di luar lembar kerja.
  8. Color Pallete adalah sarana untuk memilih warna objek.
  9. Ruler atau penggaris yang digunakan untuk mengetahui ukuran dan posisi objek pada lembar kerja.
  10. Status Bar adalah baris keterangan yang menunjukkan informasi lengkap dari suatu objek yang terseleksi.
  11. Navigator adalah tombol bantuan untuk menggeser tampilan sekitar objek atau gambar yang dibuat.
  12. Document Navigator adalah tombol yang digunakan untuk membuat halaman-halaman baru dan tombol pengontrol perpindahan dari halaman satu ke halaman lainnya.
  13. Docker adalah sarana untuk memilih dan mengatur parameter ketika kita melakukan editing atau gambar.

MENGENAL TOOLBAR

Untuk membuat suatu karya desain grafis dibutuhkan alat gambar yang dapat mendukung agar tercipta suatu karya grafis yang diinginkan. Peralatan gambar ini berperan sangat penting karena merupakan faktor utama untuk membuat suatu desain. Peralatan gambar dalam CorelDraw dikemas sedemikian rupa dalam bentuk serangkaian tool-tool yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri.

Toolbox yang dimaksud adalah serangkaian tool-tool ikon yang di dalamnya terdapat gambar atau lambang dan berfungsi untuk membuat desain gambar atau objek.

Toolbox pada CorelDraw ada beberapa macam yang didalamnya masih terdapat beberapa fasilitas toolbox lagi khususnya yang bertanda segitiga.

Cara mengaktifkan seluruh fasilitas toolbox adalah dengan melakukan klik pada toolbox yang akan dipilih. Toolbox tersebut masing-masing mempunyai property bar yaitu mengatur dan membantu dalam pengoperasian dengan cepat tanpa harus melalui perintah menu.

Toolbox yang terdapat pada CorelDraw adalah sebagai berikut :
1. Pick Tool 
Pick tool, untuk memilih objek yang digambarkan dengan lambang anak panah. Pick tool mempunyai fungsi yang pada prinsipnya untuk mengaktifkan semua sarana-sarana operasi yang terdapat dalam tampilan CorelDraw yaitu untuk menunjuk perintah CorelDraw, menunjuk objek dan mengaktifkannya.
Gambar 3.7 Tampilan Properties Bar saat mengaktifkan Pick Tool

Namun jika property bar tidak muncul pada CorelDraw, dapat diaktifkan dengan langkah sebagai berikut :
  • Pastikan pick tool dalam keadaan aktif.
  • Pastikan tidak dalam kegiatan membuat objek dan layar kerja bebas objek.
  • Klik menu Window dan pilih perintah toolbars, maka akan muncul kotak dialog Options
  • Pada bagian toolbars pilih property bar.
  • Setelah muncul kotak property bar, terapkan pada masing-masing tools lainnya. Dan
coba terapkan dangan adanya objek yang digambar.
2. Shape Tool 
Shape Tool, untuk melakukan pengeditan terhadap objek yang dibuat terutama untuk memanipulasi objek teks sesuai kebutuhan kita.
3. Zoom Tool 
Zoom Tool, untuk memperbesar dan memperkecil objek secara positif dan negatif, perbesaran dengan perbandingan 1:1 serta perbesaran objek terpilih dan sebagainya. Zoom Tool, pada Toolbox terdiri dari dua macam yaitu :
  • Zoom Tool, untuk memperbesar objek.
  • Pan Tool, untuk menggeser objek dengan cara mengklik pada halaman cetak dan geser ke daerah yang diinginkan.
4. Freehand Tool 
Freehand Tool, berfungsi untuk pembuatan berbagai model garis, kurva, menggambar bebas. Di dalam satu kesatuan pencil tool ini terdapat berbagai fungsi-fungsi tool yang lain untuk pembuatan objek.

5. Rectangle Tool 
Rectangle tool, berfungsi untuk pembuatan objek kotak,bujursangkar, persegipanjang atau segiempat.
6. Elips Tool 
Ellips Tool, berfungsi untuk pembuatan objek ellips atau lingkaran.
7. Polygon Tool 
Polygon Tool, berfungsi untuk pembuatan bentuk poligon. Di dalam polygon tool ini masih terdapat tool-tool yang lain.
8. Text Tool 
Text Tool, berfungsi untuk membuat teks artistic. Walaupun pada text tool tidak terdapat tanda segitiga kecil, tapi pada text tool ini masih mempunyai tool lagi yaitu paragraph text tool untuk pembuatan teks artistic.
9. Interactive Fill Tool 
Interactive Fill Tool, berfungsi untuk mengaktifkan kotak property bar interactive 2 color fountain fill, untuk pengaturan warna fountain fill.
10. Interactive Blend Tool 
Berfungsi untuk mengaktifkan kotak dialog property bar blend untuk mengatur perintah blend.
11. Eyedropper Tool 
Berfungsi untuk mengambil sampel atau contoh warna dari objek lain untuk menerapkan warna yang sama.
12. Outline Tool 
Berfungsi untuk mengatur segala sesuatu tentang outline garis atau objek meliputi mengatur ketebalan outline, warna outline, menghapus outline dan sebagainya.
13. Fill Tool 
Berfungsi untuk mengatur segala sesuatu tentang fill objek atau warna dari objek meliputi pengaturan warna, menghapus fill dan sebagainya.
14. Interactive Tranparancy Tool 
Berfungsi untuk mengaktifkan kotak property bar interactive fountain transparancy untuk pengaturan warna fountain secara transparan.

MENYIMPAN FILE CORELDRAW

Setelah membuat desain dan melakukan editing dengan Corel Draw. Selanjutnya melakukan kegiatan menyimpan file gambar tersebut. Langkah ini sangat penting sekali, sebab kerapian dalam menyimpan dan mengelompokkan file akan membantu mempercepat dalam proses belajar dan berkarya.

Untuk menyimpan file dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
  1. Klik menu bar File >> Save As.
  2. Kotak dilaog Save Drawing akan dimunculkan Pada Save in misalnya anda memilih My Documents.
  3. Membuat folder baru (jika diperlukan), lakukan klik kanan mouse pada area kosong kemudian pilih New >> Folder atau klik tombol Create New Folder.
  4. Ketik nama sesuai keinginan anda, jangan lupa akhiri dengan klik ganda kotak dialog kuning di sebelah kiri nama folder.
  5. Selanjutnya, nama file bisa anda buat sesuai selera. Pada File name, ketikkan misalnya latihan 1. Pada Save as Type pilih Corel Draw (*.CDR)
  6. Bila anda ingin menyimpan file ke dalam versi lain atau versi sebelumnya, lakukan pilihan pada Version.
  7. Klik tombol Save


LATIHAN - APLIKASI PENGOLAH GAMBAR CORELDRAW

Setelah anda selesai menggunakan program Corel Draw, anda dapat mengakhiri dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Pastikan semua file dan pekerjaan yang anda buat sudah tersimpan.
2. Ikuti salah satu langkah berikut yang menurut anda paling cepat dan mudah :
  • Pilih dari menu bar File - Exit.
  • Tekan tombol Alt + F4 pada keyboard
  • Klik tombol Close [X] , tanda silang dipojok kanan atas jendela kerja
  • Klik kanan mouse pada Title Bar dan pilihlah Close
3. Tunggu sampai program Corel Draw benar-benar tertutup.

Fasilitas Shortcut Menu

Di dalam mengoperasikan dan bekerja dalam pembuatan objek jangan lupa untuk menggunakan fasilitas bantu, yaitu shortcut menu. CorelDraw telah menyediakan fasilitas shortcut menu ini dalam bentuk menu pop-up, dan untuk mengakhirinya klik kanan mouse.

Lakukan percobaan berikut,
Pastikan layar kerja CorelDraw kosong tanpa objek satu pun dan lakukan klik kanan pada :
  • Objek Terpilih
  • Baris Judul
  • Toolbar
  • Ruler
  • Halaman Cetak
  • Jendela Area Gambar
  • Baris Status
  • Toolbox
Tanda  pada Color Palette
  • Apa yang terjadi ? 
  • Amatilah setiap hal yang terjadi.
Lakukan hal berikut :
  • Buatlah sembarang objek kotak atau lingkaran dan klik kanan pada objek tersebut
  • Apa yang terjadi ?  
  • Bandingkan dengan klik kanan tanpa objek sama sekali.
  • Disini terlihat jelas sekali bahwa dengan menggunakan fasilitas Shortcut.
  • Menu tentunya akan sangat membantu sekali dalam pengoperasian serta pembuatan objek.
Lihat contoh :
Gambar 3.8 Tampilan salah satu ketika perintah klik kanan tanpa seleksi objek



PERTANYAAN - DESAIN GRAFIS

1. Jelaskan perbedaan gambar grafis berbasis vector dan raster ?
2. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang Corel Draw ?
3. Jelaskan pengertian Title Bar, Tool bar, dan Menu Bar ?
4. Bagaimana cara mengaktifkan Interactive Tranparancy Tool ?
5. Jelaskan fungsi-fungsi dari Tool Bar Berikut ?
a. Pick Tool ?
b. Freehan Tool ?
c. Text Tool ?
d. Fill Tool ?
e. Outline Tool ?
6. Buatlah rancangan percobaan dari program desain grafis dengan menggunakan aplikasi corel draw!

1 komentar:

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer