- Siswa mampu menjalankan software adobe flash dengan lancar.
- Siswa mampu menjelaskan langkah-langkah pembuatan animasi objek bergerak.
- Siswa mampu membuat animasi perubahan bentuk.
- Siswa mampu mempraktekkan cara penggunaan komputer dengan baik dan benar.
Tujuan utama dalam mempelajari adobe flash
adalah untuk membuat animasi. Sebelum kita mempelajari lebih jauh mengenai
berbagai macam animasi dan pembuatan game dengan flash kita akan mengenalkan animasi
dasar pada adobe flash.
Animasi dasar yang dimaksud adalah sebuah benda
yang bergerak dari satu tempat menuju ke tempat lain, atau sebuah benda yang
bergerak kemudian berubah bentuk.
ANIMASI BERGERAK TEMPAT
Untuk membuat animasi sebuah objek yang dapat
bergerak atau bergeser dari suatu tempat ke tempat lain (kesamping, keatas,
kebawah dan sebagainya) langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Setelah membuat file baru, pilih Oval Tool pada toolbar (atau tool yang lain sesuai bentuk objek yang akan dibuat).
- Buat sebuah lingkaran pada layar kerja.
- Pilih Selection Tool, kemudian double klik pada lingkaran untuk mengaktifkan lingkaran.
- Pilih Modify>>Convert to Symbol.
- Pada kotak dialog yang tampil isikan name: oval, type: movie clip lalu klik OK.
Gambar 5.1 Buat lingkaran
Gambar 5.2 Convert to Symbol
- Pilih OK.
- Klik kanan pada frame 1 yang berisi gambar lingkaran, kemudian pilih Create Motion Tween. Klik kanan pada frame 30 pilih Keyframe>>Position.
Gambar 5.3 Beri nama simbol
Gambar 5.4 Insert Keyframe>>Position
- Tarik mouse ke kanan atau sesuai dengan selera.
Gambar 5.5 Tarik lingkaran ke kanan
- Arah animasi adalah lingkaran akan bergerak dari titik awal ke arah kanan.
- Tekan enter untuk melihat hasilnya.
ANIMASI ZOOM OUT DAN ZOOM IN
Untuk membuat animasi
zoom out dan zoom in, langkah-langkahnya adalah:
- Buat objek lingkaran pada stage.
- Ubah menjadi simbol dengan cara tekan F8 atau pilih menu Modify>>Convert to Symbol, beri name: zoom, type:movie clip pilih OK.
- Klik kanan pada frame 1>>Create Motion Tween.
- Klik frame 30 pilih Position.
- Klik kanan frame 30, klik Free Transform Tool ubah ukuran lingkaran menjadi besar tekan tombol shift pada keyboard, mouse menggeser handle agar lingkaran menjadi besar.
Gambar 5.6 Convert to Symbol
Gambar 5.7 Perbesar Objek
- Tekan enter untuk lihat hasil.
- Lingkaran akan berubah dari posisi kecil kemudian menjadi besar atau zoom out.
- Untuk membuat animasi zoom in caranya tinggal membalik posisi lingkaran dari besar menjadi kecil. Pada frame 1 lingkaran besar, sedangkan frame 30 lingkaran dibuat kecil.
ANIMASI GERAK PUTAR
Untuk membuat animasi gerak putar,
langkah-langkahnya adalah:
- Buatlah objek, seperti gambar 5.8 kemudian tekan Selection Tool atau Free Transform Tool ubahlah gambar tersebut menjadi gambar 5.9. dengan cara: pastikan objek tidak terseleksi kemudian arahkan kursor ke sisi tepi objek kotak tekan dan tahan alt di keyboard hingga kursor berubah lengkung, kemudian tarik lalu buatlah seperti digambar 5.9.
- Ubah objek tersebut menjadi simbol, dengan cara tekan F8 atau klik menu Modify>>Convert to Symbol, name: baling, type: movie clip klik OK.
Gambar 5.8 tekan dan tahan tombol alt arahkan ketepi objek
Gambar 5.9 Hasil Edit Gambar
- Klik kanan pada frame 1, pilih Create Motion Tween.
- Klik kanan pada frame 30>>Insert Keyframe>>Rotation.
Gambar 5.10 Create Motion Tween
Gambar 5.11 Insert Keyframe Rotate
- Pada jendela Properties Rotation pilih CW artinya putaran searah jarum jam, sedangkan CCW berlawanan arah jarum jam.
Gambar 5.12 Mengatur Rotation di Properties
- Tekan enter untuk lihat hasil.
ANIMASI PERUBAHAN BENTUK
Animasi perubahan bentuk
merupakan animasi yang bergerak dari satu titik dengan bentuk tertentu,
kemudian bergerak menuju titik lain dalam bentuk yang berbeda. Perubahan bentuk
terjadi selama durasi animasi berlangsung, misalnya dari bentuk lingkaran berubah
menjadi bentuk kotak. Motion yang
digunakan adalah motion shape, objek
yang dapat berubah adalah objek yang bagian-bagiannya terpisah.
Langkah-langkah dalam
membuat animasi berubah bentuk adalah sebagai berikut:
- Buatlah sebuah bentuk pada frame 1, misal lingkaran.
- Gambar tidak perlu diubah menjadi simbol.
- Klik kanan pada frame 1, pilih Tween shape.
- Klik kanan pada frame 30, Insert Keyframe. Pada frame 30 ini buatlah bentuk kotak, beri warna yang berbeda untuk melihat perubahan.
Gambar 5.13 Lingkaran di Frame 1
Gambar 5.14 Kotak di Frame 40
- Jalankan animasi dengan tekan enter. Untuk melihat hasil.
Gambar 5.15 Animasi berjalan dengan berubah
bentuk
Untuk memperoleh animasi
yang gerakannya lebih teratur, dapat menggunakan fungsi Shape Hint sebagai contoh dapat dipraktekkan pada animasi yang baru
di buat.
- Klik mouse pada frame 1.
- Pilih Modify>>Shape>>Add Shape Hint, akan muncul bulatan merah.
- Ulangi sebanyak tiga kali kemudian drag masing-masing titik a, b, c, d sesuai gambar.
Gambar 5.16 Menambah Shape Hint
Gambar 5.17 Mengatur Shape Hint Lingkaran
- Klik mouse pada frame terakhir, pindahkan Shape Hint berwarna merah ke kotak bagian pojok sebanyak empat kali.
Gambar 5.18 Shape pada kotak
Gambar 5.19 Mengatur Shape Hint Kotak
- Kembali ke frame 1 maka shape hint berubah menjadi warna kuning.
- Jalankan animasi, lihat perubahan dengan animasi sebelumnya.
Gambar 5.20 Shape Frame 1
Gambar 5.21 Setelah diberi Shape Hint
LATIHAN
- Buatlah animasi benda bergerak seperti dibawah ini. Dengan menggunakan rotate CCW.
- Buatkan animasi berubah bentuk dengan menggunakan Shape Hint, seperti contoh dibawah ini.
Gambar 5.22 Animasi motion tween CCW
Gambar 5.23 Animasi shape tween
PERTANYAAN
- Jelaskan langkah-langkah membuat animasi sebuah objek yang dapat bergerak atau bergeser dari satu tempat ke tempat lain! Kesamping, keatas, kebawah dan lain sebagainya.
- Apakah fungsi Modif>>Convert to Symbol?
- Jelaskan langkah-langkah membuat animasi pembesaran dan pengecilan bentuk!
- Jelaskan langkah-langkah membuat animasi gerak berputar!
- Apakah fungsi Add Shape Hint?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar