- Siswa memahami animasi classic tween.
- Siswa memahami animasi motion tween.
- Siswa mampu membuat animasi classic tween.
- Siswa mampu membuat animasi motion tween.
- Siswa mampu menempatkan file gambar di library.
Pada materi kali ini kita akan mencoba membuat
pesawat sedang terbang, namun disini kita tidak membuat pesawat dengan adobe
flash, untuk bahan yang kita perlukan adalah:
- Objek pesawat bisa kita cari melalui internet, format file bisa berupa .png atau .jpg.
- Baling dibuat dengan aplikasi corel draw, export file menjadi .png atau .jpg.
- Awan dibuat dengan tool adobe flash.
- Background sendiri kita buat dengan adobe flash.
Setelah semua bahan pendukung tersedia langkah
selanjutnya adalah membuat animasi pesawat tersebut seolah terbang diawan atau
dilangit, disini yang akan kita berikan animasi adalah awan dan baling
sedangkan untuk pesawat dan background tetap diam ditempat.
MEMBUAT DAN IMPORT OBJEK
Untuk membuat animasi pesawat sedang terbang dan
awan seolah bergerak berikut langkah-langkahnya, pembuatan masih dilakukan
dengan action script 2.0:
- Buatlah file baru dengan pengaturan Stroke Color: None, Fill
Color: Gradasi, klik Free
Transform Tool
Gambar 4.1 Warna gradasi backround sky
Gambar 4.2 Gradient Transform Tool
- Klik New
Layer
- Pilih menu File>>Import>>Import to Stage(Ctrl+R)... carilah file plane yang sudah kita
siapkan sebelumnya jika sudah>>Open
maka secara otomatis file plane tersimpan di panel Library, dengan Free
Transform Tool
- Pilih menu File>>Import>>Import to Stage(Ctrl+R)... carilah file baling yang sudah kita siapkan sebelumnya jika sudah>>Open maka secara otomatis file baling tersimpan di panel Library.
Gambar 4.3 Membuat layer plane
Gambar 4.4 Atur posisi plane ditengah
- Tambahkan layer baru beri nama baling.
- Klik Free
Transform Tool
Gambar 4.5 di Library hasil Import to Stage
Gambar 4.6 Mengatur letak baling
- Tambahkan layer baru kemudian beri nama cloud.
- Buatlah pengaturan Stroke Color: None
Gambar 4.7 Buat layer cloud
Gambar 4.8 Membuat awan di luar stage
- Maka sampai disini pekerjaan membuat dan meletakkan objek sudah selesai, langkah selanjutnya adalah memberikan animasi pada objek baling dan cloud.
MENAMBAHKAN ANIMASI PADA OBJEK
- Pilih layer sky, klik kanan frame 30 pilih Insert Keyframe.
- Pilih layer plane, klik kanan frame 30 pilih Insert Keyframe.
- Pilih layer baling, klik kanan frame 30 pilih Insert Keyframe.
- Pilih layer cloud, klik kanan frame 30 pilih Insert Frame.
Gambar 4.9 Hasil Insert Keyframe
Gambar 4.50 Hasil Insert Frame
- Pilih layer baling, klik kanan frame 1 Create Classic Tween.
- Untuk baling supaya berputar klik frame 1 pada panel Properties>>Tweening>>Rotate: CW.
Gambar 4.51 Create Classic Twen
Gambar 4.52 Rotate: CW
- Pilih layer cloud, klik frame 1 klik menu Modify>>Convert to Symbol...(F8)>> name: cloud, type: movie clip lalu klik OK.
- Pilih layer cloud, klik frame 1, klik kanan Create Motion Tween. Lalu Klik kanan frame 30 pilih Insert Keyframe>>Position.
Gambar 4.53 Convert to Symbol
Gambar 4.54 Insert Keyframe Position
- Dengan Free Transform Tool
- Tekan enter untuk melihat hasilnya.
LATIHAN
- Tambahkan cloud sehigga menjadi dua cloud yang bergerak dari kiri ke kanan.
- Buatlah pesawat sedang terbang dari kanan ke kiri dengan menggunakan Motion Tween.
- Ubahlah objek plane dan baling menjadi movie clip.
Gambar 4.55 Buat dua cloud
Gambar 4.56 Plane dan baling dijadikan movie clip
Gambar 4.57 Hasil Layer Plane Motion Tween
PERTANYAAN
- Jelaskan langkah-langkah membuat animasi sebuah objek yang dapat bergerak dari kanan ke kiri!
- Apakah fungsi Create Motion Tween?
- Apakah fungsi Create Classsic Tween?
- Apakah sungsi Rotate CW?
- Apakah fungsi Rotate CCW?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar