e-sinaukomputer: BAB 16 | PAGE SETUP - Membuat Pengaturan pada Lembar Kerja

Sabtu, 06 Juni 2020

BAB 16 | PAGE SETUP - Membuat Pengaturan pada Lembar Kerja

Indikator Hasil Pembelajaran
  1. Peserta didik mampu melihat tampilan lembar kerja sebelum dicetak.
  2. Peserta didik mampu mengatur page setup.
  3. Peserta didik mampu mengatur margin pencetakan.
  4. Peserta didik mampu menyisipkan page break.


PENGATURAN HALAMAN KERJA
Sebelum melakukan pencetakan lembar kerja pada kertas, penting untuk mengatur lembar kerja agar data yang akan dicetak sesuai dengan ukuran kertas, yang akan digunakan pada saat mencetak. Berikut ini akan dibahas Pengaturan lembar kerja dan proses pencetakan dengan detail, sehingga dapat proses pencetakan lembar kerja yang telah dibuat dapat menghasilkan cetakan sesuai keinginan.

Pengaturan lembar kerja Microsoft Excel dapat dilakukan melalui fasilitas Page Setup, untuk mengaktifkan fasilitas pada page setup dapat dilakukan dengan mengklik menu Page layout>>klik pojok kanan bawah pada group Page Setup.

Ada beberapa komponen dan opsi yang perlu diatur untuk membuat Pengaturan khusus pada page setup sebelum mencetak, berikut ini akan dibahas satu persatu tentang opsi-opsi tersebut.

PENGATURAN HALAMAN
Pengaturan halaman pada Microsoft Excel dapat dilakukan melalui kotak dialog page setup yaitu pada tab Page. Lihat gambar 16.1.
Gambar 16.1 Page Setup - Page
Pada tab ini terdapat beberapa opsi yang harus dipilih untuk mendapatkan hasil cetakan sesuai keinginan, berikut ini akan dibahas opsi-opsi tersebut.

ORIENTATION
Orientation pencetakan merupakan bentuk pencetakan. Ada dua pilihan untuk bentuk pencetakan, yaitu bentuk horizontal dan bentuk vertical.
  • Pilih opsi Portrait untuk posisi hasil pencetakan vertical.
  • Pilih opsi Landscape untuk posisi hasil pencetakan horizontal.

SCALLING
Opsi Scalling digunakan untuk mengubah skala pencetakan pada kertas, misalnya lembar kerja yang dibuat tidak cukup dalam satu halaman maka skala pencetakannya harus diperkecil. Ada dua opsi yang dapat dipilih untuk mengatur skala ukuran lembar kerja, yaitu:
  • Pilih Adjust to opsi ini digunakan untuk memperbesar dan memperkecil ukuran hasil pencetakan didasarkan prosentase ukuran dalam %.
  • Pilih Fit to opsi ini akan mengatur besar kecil hasil pencetakan berdasarkan ukuran kertas.

PAPER SIZE
Opsi ini digunakan untuk memilih ukuran kertas yang digunakan pada saat pencetakan.

PENGATURAN MARGIN
Margin adalah batasan pencetakan pada halaman kertas saat proses pencetakan berlangsung. Berikut ini adalah lengkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatur batas pencetakan.
  • Pilih menu Page Layout>>Page Setup>>klik pojok bawah pada group Page Setup.
  • Pada kotak dialog Page Setup pilih tab Margins.
  • Tentukan batas Margins:
Top untuk mengatur batas margin atas.
Bottom untuk mengatur batas margin bawah.
Left untuk mengatur batas margin kiri.
Right untuk mengatur batas margin kanan.
Gambar 16.2 Page Setup - Margins

PENGATURAN HEADER DAN FOOTER
Microsoft Excel dapat digunakan untuk menyisipkan header dan footer pada hasil pencetakan, biasanya pada header dan footer terdapat tanggal atau identas pembuat dan identitas dari buku kerja. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyisipkan header dan footer:
  • Klik menu Page Layout>>Page Setup>>klik pojok bawah pada group Page Setup.
  • Pada kotak dialog Page Setup klik tab Header/Footer.
  • Pada tombol daftar pilih Header, pilih dan klik isi header yang di-inginkan.
  • Pada tombol daftar pilih Footer, pilih dan klik isi footer yang di-inginkan.

MERANCANG ISI HEADER DAN FOOTER
Sewaktu tidak ada isi header dan footer sesuai kebutuhan, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:
Klik tombol perintah Custom Header….untuk merancang isi header sesuai kebutuhan. Contoh gambar 16.3 adalah melakukan perintah menampilkan kotak dialog Header dengan pengaturan sebagai berikut:
Gambar 16.3 Page Setup – Header|Footer
  • Left Section diisi dengan nama institusi atau penulis.
  • Center Section diisi dengan no page klik pada icon insert page number.
  • Right Section diisi dengan tanggal klik pada icon date.
Pada kotak dialog Header, ketiklah dan pilih isi header yang di-inginkan. Ketik isi header sesuai posisi yang diinginkan:
  • Ketik isi pada left Section untuk memposisikan isi header dibagian kiri.
  • Ketik isi pada Center Section untuk memposisikan isi header dibagian tengah.
  • Ketik isi pada Right Section untuk memposisikan isi header dibagian kanan.
  • Lakukan cara yang sama untuk memasukkan teks sesuai kebutuhan pada bagian footer dengan cara mengklik tombol Custom Footer….


LATIHAN
  • Buka dokumen Rental.xlsx buat pengaturan berikut ini:
Orientation: Lanscape.
Paper Size: F4.
Margin      : Top[1]            Left[1]             Right[1]     Bottom[1]        Footer[0.5]      Header[0.5]
Footer  : Left Section[Laporan Harian]  Center Date[Date]   Right Section[BSW Rental] 
  • Buka dokumen RekapBukuPerpus.xlsx buat pengaturan berikut ini:
Orientation     : Portrait.
Adjust  : 110%
Paper Size       : Letter.
Margin            : Top[0.75]       Left[0.7]          Right[0.7]          Bottom[4]
Footer  : Left Section[SMP Santa Maria]        Right Section[JAKARTA]
  • Buka dokumen Piramid.xlsx buat Pengaturan berikut ini:
Orientation     : Portrait.
Adjust  : 84%
Paper Size       : Letter.
Margin            : Top[3.9]         Left[0.9]          Right[1.1]          Bottom[2.5]
Footer  : Center Section[Biasakan mengkonsumsi makanan sehat]


PERTANYAAN
  1. Jelaskan fungsi dari Page Orientation!
  2. Jelaskan langkah-langkah untuk mengatur skala pencetakan pada kertas!
  3. Jelaskan langkah-langkah untuk menyisipkan header dan footer pada halaman tercetak!
  4. Jelaskan langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas pada dokumen!
  5. Apa yang dimaksud dengan Margin? Jelaskan fungsinya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer