- Peserta didik mampu membuka banyak lembar kerja.
- Peserta didik mampu membuka banyak buku kerja.
- Peserta didik mampu merujuk banyak buku kerja.
- Peserta didik mampu mengolah data pada lembar kerja berbeda.
Microsoft Excel
memiliki kemampuan untuk membuka dan melihat banyak lembar kerja ataupun buku
kerja pada saat yang bersamaan. Selain Microsoft Excel dapat juga digunakan
untuk mengolah data yang merujuk data dari lembar kerja lainnya. Berikut ini
akan dipelajari tentang penggunaan Microsoft Excel dalam bekerja dengan banyak
lembar kerja.
LATIHAN
Berikut ini adalah
langkah-langkah untuk membuka lembar kerja Microsoft Excel pada saat yang sama:
- Buka kembali dokumen rental.xlsx yang pernah dibuat pada LKS bab 14.
- Ganti nama sheet 1 dengan nama Rental.
- Buat lembar kerja baru dan beri nama Jajan.
- Masukkan data seperti tampak pada gambar 15.1 disamping.
Gambar 15.1 Data Jajan
- Cari Harga Total jajanan dari penjumlahan Makanan Ringan dengan Minuman Ringan.
- Simpan dokumen dengan nama yang sama, yaitu Rental.xlsx.
MELIHAT BANYAK LEMBAR KERJA PADA WAKTU YANG SAMA
Microsoft Excel dapat
digunakan untuk melihat banyak lembar kerja pada saat yang bersamaan. Berikut
ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan kemampuan
Microsoft Excel ini:
- Aktifkan buku kerja untuk melihat banyak lembar kerja dalam waktu yang sama.
- Klik menu View>>pilih group Window>>pilih New Window.
- Perintah diatas akan mengaktifkan dokumen yang sama pada jendela kerja baru sehingga terdapat dua dokumen kerja atau dua buku kerja dengan nama yang sama, yaitu: Rental.xlsx.
- Jika pada buku kerja Rental yang pertama diaktifkan lembar kerja Rental, maka pada buku kerja Rental yang kedua, tukar lembar kerja yang aktif menjadi Jajan.
- Klik menu View>>pilih group Window>>pilih Arrange All…untuk menampilkan kotak dialog Arrange Windows.
- Pada pilihan salah satu opsi dari kotak Arrange Windows, yaitu: Tiled, Horizontal, Vertical, Cascade.
- Klik tombol OK untuk melihat hasilnya.
Hasil Pengaturan ini akan tampak seperti gambar 15.2.
Gambar 15.2 Arrange Windows>>Tiled
PENGOLAHAN DATA RUMUS DENGAN LEMBAR KERJA LAIN
Microsoft Excel memiliki
kemampuan lainnya, yaitu: untuk mengolah rumus berdasarkan data yang diambil
dari lembar kerja lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan
pengolahan data berdasarkan lembar kerja lainnya.
- Buat lembar kerja baru lagi pada dokumen atau buku kerja yang sama yaitu: Rental.xlsx.
- Beri nama lembar kerja baru dengan nama Total.
- Masukkan data seperti tampak pada gambar 15.3.
Gambar 15.3 Form
Total Pembayaran
- Klik Cell B4.
- Ketikkan rumus berikut pada Cell B4: =Rental!H8
- Rental adalah nama buku kerja yang akan dirujuk.
! adalah operator pemisah antara nama buku kerja dengan nama cell yang dirujuk.H8 adalah cell yang dirujuk untuk diambil datanya.
Hubungkan semua data total pengeluaran untuk rental pada kolom Total Rental.
- Buat hubungan antara total pengeluaran untuk jajanan pada lembar kerja Total di kolom Total Jajanan.
- Cari total uang yang harus dibayarkan pada kolom Total Pembabayaran.
- Hasil rujukan dan perhitungan data akan tampak pada gambar 15.5.
Gambar 15.4 Hasil
Akhir Total Pembayaran
PERTANYAAN
- Apa yang terjadi jika memilih opsi Tiled pada kotak dialog Arrange Window?
- Apa yang terjadi jika memilih opsi Cascade pada kotak dialog Arrange Window?
- Apa yang terjadi jika mencentang checkbox Window of Active Workbook pada kotak dialog Arrange Window? Perhatikan rumus berikut: =AVERAGE(Data!C5:C26).
- Jelaskan cara membaca rumus diatas!
- Apa kegunaan formula Average?
- Jelaskan bagaimana cara menampilkan data dari Sheet1 ke Sheet2?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar