e-sinaukomputer: BAB 11 | TABEL

Rabu, 03 Juni 2020

BAB 11 | TABEL

INDIKATOR BELAJAR

  1. Peserta didik mampu membuat table melalui insert – group tabel.
  2. Peserta didik mampu memasukkan dan menghapus baris pada table.

DEFENISI TABLE PADA MICROSOFT WORD
Pengertian Table sendiri adalah sebuah daftar, yang berisi informasi dalam bentuk kata - kata ataupun angka, dan setiap kata atau angka ini dibatasi oleh garis - garis, dengan tujuan agar informasi tersebut terlihat rapih. Tabel ini sering digunakan untuk membuat laporan, dan laporan tersebut, bisa berupa laporan keuangan, laporan karyawan, laporan pendataan penduduk.

FUNGSI TABLE PADA MICROSOFT WORD
Dalam pembuatan suatu dokumen Table merupakan salah satu menu yang sangat berfungsi bagi penggunanya meskipun tak secanggih seperti Microsoft exel. Dalam menu table terdapat berbagai macam kegunaannya mulai dari Insert table, Draw table, Exel Spreadsheet dan Quick tables. Berikut Fungsi-fungsinya:

Tables: Berfungsi untuk menyisipkan tabel kedalam dokumen yang dibuat. 

Pilihan Table berada pada menu Insert.
Insert Table: Berfungsi untuk menambahkan sebuah kolom dan row sesuai yang anda inginkan.
Draw Table: Mempunyai Fungsi untuk membuat table secara manual.
Exel Spreadsheet: Mempunyai fungsi untuk menampilkan tampilan exel pada Word, sehingga kita bisa membuat table menggunakan exel di dalam Word.
Quick Tables: Mempunyai Fungsi untuk membuat tabel secara cepat (Quick), Microsoft word menyediakan berbagai macam table didalamnya.


Langkah-langkah membuat table
kesemua icon tool dapat digunakan untuk membuat tabel dengan mudah, berikut adalah cara membuat table dengan tool atau alat tersebut.

Insert Table Otomatis
Insert Tabel yang berada paling atas, dapat anda gunakan untuk membuat tabel secara instant, jadi anda tidak perlu menuliskan seberapa banyak kolom dan baris yang anda inginkan, anda cukup mengarahkan pointer keatas kotak - kotak yang ada pada bagian ini, untuk lebih jelasnya berikut adalah cara menggunakannya:

Klik icon tables > lalu arahkan, pointer mouse ke kotak – kotak.
Pilih seberapa besar dimensi tabel yang diinginkan.

Jika sudah menentukan besar tabel yang akan dibuat, langsung saja klik kotak tersebut. Maka secara otomatis, tabel akan terbuat pada lembar halaman document, dan besar dimensinya sesuai dengan kotak yang anda pilih tadi, tentunya dengan cara ini anda dapat dengan mudah membuat tabel, namun cara ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya, besar tabel yang dapat dibuat tidak dapat melebihi 10 X 8, jadi anda hanya dapat membuat tabel dibawah dari ukuran tersebut.

Insert Table Manual
Cara yang selanjutnya adalah menggunakan insert table yang ada dibawahnya, cara ini mengharuskan anda untuk membuat table, dengan cara mengetikkan sendiri seberapa besar tabel yang dibuat, berikut adalah penjelasan penggunaannya:

Klik icon tables > kemudian klik insert table
Setelah muncul jendela insert table, masukkan berapa banyak kolom yang diinginkan pada " Number Of Coloum", dan banyak baris yang diinginkan pada “Number Of Row"
berikut penjelsana jendela insert table :
  • Number of Column, digunakan untuk menentukan banyanya kolom tabel yang akan dibuat.
  • Number of Row, digunakan untuk menentukan banyanya kolom baris  yang akan dibuat.
  • Fixed Column With, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dengan ukuran tertentu.
  • AutoFit to Contents, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dari isi kolom table terpanjang.
  • AutoFit to Window, digunakan untuk mengatur lebar tabel, disesuaikan dengan lebar dokumen - Remember Dimensions for New Tables, jika anda mencetangnya maka setiap anda membuat tabel baru dengan cara ini, maka microsoft word akan menggunakan pengaturan sebelumnya dalam mebuat tabel.
Kemudian klik OK.

Setelah anda mengklik ok maka tabel akan terbuat, sesuai dengan ukuran yang anda tentukan sebelumnya, dengan cara ini anda dapat menentukan ukuran tabel dengan bebas, tanpa adanya batasan dalam jumlah baris dan kolom, dan untuk lebar jarak antara setiap kolom juga dapat anda atur, pada jendela insert table, disitu terdapat berbagai pilihan yang dapat anda pilih, yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Draw Table
Dengan cara ini anda dapat membuat sendiri, tabel yang diinginkan, tanpa perlu mengetikkan berapa jumlah baris dan kolom yang diinginkan, berikut adalah cara penggunaannya:
Klik icon table > kemudian pilih Draw Table.
Ketika pointer mouse anda berubah menjadi gambar pencil, klik tahan pada satu titik, lalu drag ke arah yang diingikan, dan untuk lebarnya anda dapat mendragnya sepanjang yang anda butuhkan.
Untuk membagi tabel tersebut, klik pada sisi tabel, kemudian drag ke ujung sisi yang lain dari tabel tersebut.
Ulangi langkah tesebut untuk membagi tabel sesuai dengan kebutuhan.

Cara ini merupakan cara simpel dan mudah dalam membuat tabel. namun yang perlu diperhatikan ketika anda menggambar tabel tersebut, karena ketika anda ingin membagi tabel tersebut, pointer mouse haruslah tepat berada di sisi tabel yang akan dibagi, jika anda tidak tepat, maka akan menggambar tabel lain di dalam tabel tersebut, dan jika sudah selesai menggambar tabel, anda dapat menekan tombol "Esc" pada keyboard, untuk keluar dari mode menggambar tabel.

Menambahkan atau menghapus baris dan kolom table

Menambahkan baris
  • Klik sel tabel di baris di atas atau di bawah tempat Anda ingin baris baru muncul.
  • Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom.
  • Untuk menambahkan baris di atas sel yang dipilih, klik Sisipkan di atas.
  • Untuk menambahkan baris di bawah sel yang dipilih, klik Sisipkan di bawah.

Menambahkan kolom
  • Klik sel tabel ke sebelah kanan atau kiri kolom tempat Anda ingin kolom baru muncul.
  • Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom.
  • Untuk menambahkan kolom ke sebelah kiri dari sel yang dipilih, klik Sisipkan di kiri.
  • Untuk menambahkan kolom ke sebelah kanan sel yang dipilih, klik Sisipkan di kanan

Menghapus baris atau kolom
  • Klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin Anda hapus.
  • Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom , klik Hapus, dan lalu klik Hapus kolom atau Hapus baris.

Menghapus table
  • Klik tabel untuk memilihnya.
  • Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom , klik Hapus, lalu klik Hapus tabelatau tekan DELETE di keyboard Anda.



PERTANYAAN

1.   Sebutkan langkah membuat table dalam Ms. Word!

2.   Sebutkan Pilihan Table yang berada pada menu Insert!

3.   Apakah yang dimaksud Exel Spreadsheet?

4.   Apakah fungsi fungsi table pada Ms. Word?

5.  Tuliskan cara langkah-langkah  untuk menambah dan manghapus baris dan table!


6 komentar:

  1. nama:Cynthia Aprilia Br Tarigan
    kelas: 7F/ 07

    1. - tekan menu insert
    - klik table pada ujung kiri samping picture
    - klik icon tables
    - kemudian klik insert table
    - setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
    - kemudian klik ok
    2. - insert table
    - draw table
    - convert text to table
    - excel spreadsheet
    - quick tables
    3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
    4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
    5. Menghapus baris atau kolom:
    - klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
    - dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris

    Menghapus table:
    - klik table untuk memilihnya
    - dibawa alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus lalu klik hapus table atau tekan delete di keyboard anda

    BalasHapus
  2. 1. - tekan menu insert
    - klik table pada ujung kiri samping picture
    - klik icon tables
    - kemudian klik insert table
    - setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
    - kemudian klik ok
    2. - insert table
    - draw table
    - convert text to table
    - excel spreadsheet
    - quick tables
    3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
    4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
    5. Menghapus baris atau kolom:
    - klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
    - dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris

    Menghapus table:
    - klik table untuk memilihnya
    - dibawa alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus lalu klik hapus table atau tekan delete di keyboard anda

    BalasHapus
  3. 1. - tekan menu insert
    - klik table pada ujung kiri samping picture
    - klik icon tables
    - kemudian klik insert table
    - setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
    - kemudian klik ok
    2. - insert table
    - draw table
    - convert text to table
    - excel spreadsheet
    - quick tables
    3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
    4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
    5. Menghapus baris atau kolom:
    - klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
    - dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris

    BalasHapus
  4. 1 . - Klik icon tables > lalu arahkan, pointer mouse ke kotak – kotak.
    Pilih seberapa besar dimensi tabel yang diinginkan.
    - Setelah muncul jendela insert table, masukkan berapa banyak kolom yang diinginkan pada " Number Of Coloum", dan banyak baris yang diinginkan pada “Number Of Row"
    -Kemudian klik OK.

    2 .- insert table
    - draw table
    - convert text to table
    - excel spreadsheet
    - quick

    3 . Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word

    4 . Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat

    5 . Menambahkan baris
    -Klik sel tabel di baris di atas atau di bawah tempat Anda ingin baris baru muncul.
    -Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom.
    -Untuk menambahkan baris di atas sel yang dipilih, klik Sisipkan di atas.
    -Untuk menambahkan baris di bawah sel yang dipilih, klik Sisipkan di bawah.
    Menghapus baris atau kolom
    -Klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin Anda hapus.
    -Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom , klik Hapus, dan -lalu klik Hapus kolom atau Hapus baris.

    BalasHapus
  5. 1. - tekan menu insert
    - klik table pada ujung kiri samping picture
    - klik icon tables
    - kemudian klik insert table
    - setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
    - kemudian klik ok
    2. - insert table
    - draw table
    - convert text to table
    - excel spreadsheet
    - quick tables
    3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
    4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
    5. Menghapus baris atau kolom:
    - klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
    - dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris

    Menghapus table:
    - klik table untuk memilihnya
    - dibawa alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus lalu klik hapus table atau tekan delete di keyboard anda

    Nicholas 7A

    BalasHapus
  6. Klik icon tables > lalu arahkan, pointer mouse ke kotak – kotak.
    Pilih seberapa besar dimensi tabel yang diinginkan.


    Jika sudah menentukan besar tabel yang akan dibuat, langsung saja klik kotak tersebut. Maka secara otomatis, tabel akan terbuat pada lembar halaman document, dan besar dimensinya sesuai dengan kotak yang anda pilih tadi, tentunya dengan cara ini anda dapat dengan mudah membuat tabel, namun cara ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya, besar tabel yang dapat dibuat tidak dapat melebihi 10 X 8, jadi anda hanya dapat membuat tabel dibawah dari ukuran tersebut.

    Insert Table Manual
    Cara yang selanjutnya adalah menggunakan insert table yang ada dibawahnya, cara ini mengharuskan anda untuk membuat table, dengan cara mengetikkan sendiri seberapa besar tabel yang dibuat, berikut adalah penjelasan penggunaannya:

    Klik icon tables > kemudian klik insert table

    Setelah muncul jendela insert table, masukkan berapa banyak kolom yang diinginkan pada " Number Of Coloum", dan banyak baris yang diinginkan pada “Number Of Row"

    berikut penjelsana jendela insert table :
    Number of Column, digunakan untuk menentukan banyanya kolom tabel yang akan dibuat.
    Number of Row, digunakan untuk menentukan banyanya kolom baris yang akan dibuat.
    Fixed Column With, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dengan ukuran tertentu.
    AutoFit to Contents, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dari isi kolom table terpanjang.
    AutoFit to Window, digunakan untuk mengatur lebar tabel, disesuaikan dengan lebar dokumen - Remember Dimensions for New Tables, jika anda mencetangnya maka setiap anda membuat tabel baru dengan cara ini, maka microsoft word akan menggunakan pengaturan sebelumnya dalam mebuat tabel.
    Kemudian klik OK.


    2.Insert Table: Berfungsi untuk menambahkan sebuah kolom dan row sesuai yang anda inginkan.

    Draw Table:
    Exel Spreadsheet: Mempunyai fungsi untuk menampilkan tampilan exel pada Word, sehingga kita bisa membuat table menggunakan exel di dalam Word.

    Quick Tables: Mempunyai Fungsi untuk membuat tabel secara cepat (Quick), Microsoft word menyediakan berbagai macam table didalamnya.


    3.Mempunyai fungsi untuk menampilkan tampilan exel pada Word, sehingga kita bisa membuat table menggunakan exel di dalam Word.

    4.untuk menyisipkan tabel ke dalam dokument Microsoft word

    5.Blok tabel yang ingin diformat Kolom (Column)-nya.
    Klik Format.
    Klik Column Width.
    Lalu atur angkanya.
    Klik OK.

    BalasHapus

Postingan Terakhir

BAB 12 | PROJECT 2 | MANIPULASI VIDEO MENGGUNAKAN FITUR GREEN SCREEN (CHROMA KEY)

Indikator Hasil Belajar Dapat mengetahui fungsi green screen. Dapat mengaplikasikan fitur green screen pada Kinemaster.

Postingan Populer