- Peserta didik mampu membuat table melalui insert – group tabel.
- Peserta didik mampu memasukkan dan menghapus baris pada table.
Pengertian Table sendiri adalah sebuah daftar, yang berisi
informasi dalam bentuk kata - kata ataupun angka, dan setiap kata atau angka
ini dibatasi oleh garis - garis, dengan tujuan agar informasi tersebut terlihat
rapih. Tabel ini sering digunakan untuk membuat laporan, dan laporan tersebut,
bisa berupa laporan keuangan, laporan karyawan, laporan pendataan penduduk.
FUNGSI TABLE PADA MICROSOFT WORD
Dalam pembuatan suatu
dokumen Table merupakan salah satu menu yang sangat berfungsi bagi penggunanya
meskipun tak secanggih seperti Microsoft exel. Dalam menu table terdapat
berbagai macam kegunaannya mulai dari Insert table, Draw table, Exel
Spreadsheet dan Quick tables. Berikut Fungsi-fungsinya:
Tables: Berfungsi untuk
menyisipkan tabel kedalam dokumen yang dibuat.
Pilihan Table berada pada menu Insert.
Insert Table: Berfungsi untuk menambahkan sebuah kolom dan row sesuai yang anda
inginkan.
Draw Table: Mempunyai Fungsi untuk membuat table secara manual.
Exel Spreadsheet: Mempunyai fungsi untuk menampilkan tampilan exel pada Word,
sehingga kita bisa membuat table menggunakan exel di dalam Word.
Quick Tables: Mempunyai Fungsi untuk membuat tabel secara cepat (Quick),
Microsoft word menyediakan berbagai macam table didalamnya.
Langkah-langkah
membuat table
kesemua icon tool dapat digunakan untuk membuat
tabel dengan mudah, berikut adalah cara membuat table dengan tool atau alat
tersebut.Insert Table Otomatis
Insert Tabel yang berada paling atas, dapat anda
gunakan untuk membuat tabel secara instant, jadi anda tidak perlu menuliskan
seberapa banyak kolom dan baris yang anda inginkan, anda cukup mengarahkan
pointer keatas kotak - kotak yang ada pada bagian ini, untuk lebih jelasnya
berikut adalah cara menggunakannya:
Klik icon tables >
lalu arahkan, pointer mouse ke kotak – kotak.
Pilih seberapa besar dimensi tabel yang
diinginkan.
Jika sudah menentukan
besar tabel yang akan dibuat, langsung saja klik kotak tersebut. Maka
secara otomatis, tabel akan terbuat pada lembar halaman document, dan besar
dimensinya sesuai dengan kotak yang anda pilih tadi, tentunya dengan cara ini
anda dapat dengan mudah membuat tabel, namun cara ini memiliki beberapa
kekurangan diantaranya, besar tabel yang dapat dibuat tidak dapat melebihi 10 X
8, jadi anda hanya dapat membuat tabel dibawah dari ukuran tersebut.
Insert Table Manual
Cara yang selanjutnya
adalah menggunakan insert table yang ada dibawahnya, cara ini mengharuskan anda
untuk membuat table, dengan cara mengetikkan sendiri seberapa besar tabel yang
dibuat, berikut adalah penjelasan penggunaannya:
Klik icon tables >
kemudian klik insert table
Setelah muncul jendela
insert table, masukkan berapa banyak kolom yang diinginkan pada " Number
Of Coloum", dan banyak baris yang diinginkan pada “Number Of Row"
berikut penjelsana
jendela insert table :
- Number of Column, digunakan untuk menentukan banyanya kolom tabel yang akan dibuat.
- Number of Row, digunakan untuk menentukan banyanya kolom baris yang akan dibuat.
- Fixed Column With, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dengan ukuran tertentu.
- AutoFit to Contents, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dari isi kolom table terpanjang.
- AutoFit to Window, digunakan untuk mengatur lebar tabel, disesuaikan dengan lebar dokumen - Remember Dimensions for New Tables, jika anda mencetangnya maka setiap anda membuat tabel baru dengan cara ini, maka microsoft word akan menggunakan pengaturan sebelumnya dalam mebuat tabel.
Kemudian klik OK.
Setelah anda mengklik ok
maka tabel akan terbuat, sesuai
dengan ukuran yang anda tentukan sebelumnya, dengan cara ini anda dapat menentukan
ukuran tabel dengan bebas, tanpa adanya batasan dalam jumlah baris dan kolom,
dan untuk lebar jarak antara setiap kolom juga dapat anda atur, pada jendela
insert table, disitu terdapat berbagai pilihan yang dapat anda pilih, yang
sudah saya jelaskan sebelumnya.
Draw Table
Dengan cara ini anda dapat
membuat sendiri, tabel yang diinginkan, tanpa perlu mengetikkan berapa jumlah
baris dan kolom yang diinginkan, berikut adalah cara penggunaannya:
Klik icon table >
kemudian pilih Draw Table.
Ketika pointer mouse anda
berubah menjadi gambar pencil, klik tahan pada satu titik, lalu drag ke arah
yang diingikan, dan untuk lebarnya anda dapat mendragnya sepanjang yang anda
butuhkan.
Untuk membagi tabel
tersebut, klik pada sisi tabel, kemudian drag ke ujung sisi yang lain dari
tabel tersebut.
Ulangi langkah tesebut
untuk membagi tabel sesuai dengan kebutuhan.
Cara ini merupakan cara simpel dan mudah dalam
membuat tabel. namun yang perlu
diperhatikan ketika anda menggambar tabel tersebut, karena ketika anda ingin
membagi tabel tersebut, pointer mouse haruslah tepat berada di sisi tabel yang
akan dibagi, jika anda tidak tepat, maka akan menggambar tabel lain di dalam
tabel tersebut, dan jika sudah selesai menggambar tabel, anda dapat menekan
tombol "Esc" pada keyboard, untuk keluar dari mode menggambar tabel.
Menambahkan atau menghapus baris dan kolom table
Menambahkan baris
- Klik sel tabel di baris di atas atau di bawah tempat Anda ingin baris baru muncul.
- Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom.
- Untuk menambahkan baris di atas sel yang dipilih, klik Sisipkan di atas.
- Untuk menambahkan baris di bawah sel yang dipilih, klik Sisipkan di bawah.
Menambahkan kolom
- Klik sel tabel ke sebelah kanan atau kiri kolom tempat Anda ingin kolom baru muncul.
- Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom.
- Untuk menambahkan kolom ke sebelah kiri dari sel yang dipilih, klik Sisipkan di kiri.
- Untuk menambahkan kolom ke sebelah kanan sel yang dipilih, klik Sisipkan di kanan
Menghapus baris atau kolom
- Klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin Anda hapus.
- Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom , klik Hapus, dan lalu klik Hapus kolom atau Hapus baris.
Menghapus table
- Klik tabel untuk memilihnya.
- Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom , klik Hapus, lalu klik Hapus tabelatau tekan DELETE di keyboard Anda.
PERTANYAAN
1. Sebutkan langkah membuat table dalam Ms.
Word!
2. Sebutkan Pilihan Table yang berada pada
menu Insert!
3. Apakah yang dimaksud Exel Spreadsheet?
4. Apakah fungsi fungsi table pada Ms. Word?
5. Tuliskan cara langkah-langkah untuk menambah dan manghapus baris dan table!
nama:Cynthia Aprilia Br Tarigan
BalasHapuskelas: 7F/ 07
1. - tekan menu insert
- klik table pada ujung kiri samping picture
- klik icon tables
- kemudian klik insert table
- setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
- kemudian klik ok
2. - insert table
- draw table
- convert text to table
- excel spreadsheet
- quick tables
3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
5. Menghapus baris atau kolom:
- klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
- dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris
Menghapus table:
- klik table untuk memilihnya
- dibawa alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus lalu klik hapus table atau tekan delete di keyboard anda
1. - tekan menu insert
BalasHapus- klik table pada ujung kiri samping picture
- klik icon tables
- kemudian klik insert table
- setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
- kemudian klik ok
2. - insert table
- draw table
- convert text to table
- excel spreadsheet
- quick tables
3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
5. Menghapus baris atau kolom:
- klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
- dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris
Menghapus table:
- klik table untuk memilihnya
- dibawa alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus lalu klik hapus table atau tekan delete di keyboard anda
1. - tekan menu insert
BalasHapus- klik table pada ujung kiri samping picture
- klik icon tables
- kemudian klik insert table
- setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
- kemudian klik ok
2. - insert table
- draw table
- convert text to table
- excel spreadsheet
- quick tables
3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
5. Menghapus baris atau kolom:
- klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
- dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris
1 . - Klik icon tables > lalu arahkan, pointer mouse ke kotak – kotak.
BalasHapusPilih seberapa besar dimensi tabel yang diinginkan.
- Setelah muncul jendela insert table, masukkan berapa banyak kolom yang diinginkan pada " Number Of Coloum", dan banyak baris yang diinginkan pada “Number Of Row"
-Kemudian klik OK.
2 .- insert table
- draw table
- convert text to table
- excel spreadsheet
- quick
3 . Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
4 . Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
5 . Menambahkan baris
-Klik sel tabel di baris di atas atau di bawah tempat Anda ingin baris baru muncul.
-Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom.
-Untuk menambahkan baris di atas sel yang dipilih, klik Sisipkan di atas.
-Untuk menambahkan baris di bawah sel yang dipilih, klik Sisipkan di bawah.
Menghapus baris atau kolom
-Klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin Anda hapus.
-Di bawah Alat tabel, pada tab tata letak , dalam grup baris & kolom , klik Hapus, dan -lalu klik Hapus kolom atau Hapus baris.
1. - tekan menu insert
BalasHapus- klik table pada ujung kiri samping picture
- klik icon tables
- kemudian klik insert table
- setelah muncul jendela insert masukan 'number of coloum" dan banyak baris yang diinginkan pada "number of row"
- kemudian klik ok
2. - insert table
- draw table
- convert text to table
- excel spreadsheet
- quick tables
3. Untuk menampilkan tampilan Excel pada word sehingga kita bisa membuat tabel menggunakan Excel di word
4. Berfungsi untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen yang dibuat
5. Menghapus baris atau kolom:
- klik sel tabel dalam kolom atau baris yang ingin anda hapus
- dibawah alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus dan lalu klik hapus kolom atau hapus baris
Menghapus table:
- klik table untuk memilihnya
- dibawa alat tabel pada tab tata letak dalam grup baris dan kolom klik hapus lalu klik hapus table atau tekan delete di keyboard anda
Nicholas 7A
Klik icon tables > lalu arahkan, pointer mouse ke kotak – kotak.
BalasHapusPilih seberapa besar dimensi tabel yang diinginkan.
Jika sudah menentukan besar tabel yang akan dibuat, langsung saja klik kotak tersebut. Maka secara otomatis, tabel akan terbuat pada lembar halaman document, dan besar dimensinya sesuai dengan kotak yang anda pilih tadi, tentunya dengan cara ini anda dapat dengan mudah membuat tabel, namun cara ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya, besar tabel yang dapat dibuat tidak dapat melebihi 10 X 8, jadi anda hanya dapat membuat tabel dibawah dari ukuran tersebut.
Insert Table Manual
Cara yang selanjutnya adalah menggunakan insert table yang ada dibawahnya, cara ini mengharuskan anda untuk membuat table, dengan cara mengetikkan sendiri seberapa besar tabel yang dibuat, berikut adalah penjelasan penggunaannya:
Klik icon tables > kemudian klik insert table
Setelah muncul jendela insert table, masukkan berapa banyak kolom yang diinginkan pada " Number Of Coloum", dan banyak baris yang diinginkan pada “Number Of Row"
berikut penjelsana jendela insert table :
Number of Column, digunakan untuk menentukan banyanya kolom tabel yang akan dibuat.
Number of Row, digunakan untuk menentukan banyanya kolom baris yang akan dibuat.
Fixed Column With, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dengan ukuran tertentu.
AutoFit to Contents, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dari isi kolom table terpanjang.
AutoFit to Window, digunakan untuk mengatur lebar tabel, disesuaikan dengan lebar dokumen - Remember Dimensions for New Tables, jika anda mencetangnya maka setiap anda membuat tabel baru dengan cara ini, maka microsoft word akan menggunakan pengaturan sebelumnya dalam mebuat tabel.
Kemudian klik OK.
2.Insert Table: Berfungsi untuk menambahkan sebuah kolom dan row sesuai yang anda inginkan.
Draw Table:
Exel Spreadsheet: Mempunyai fungsi untuk menampilkan tampilan exel pada Word, sehingga kita bisa membuat table menggunakan exel di dalam Word.
Quick Tables: Mempunyai Fungsi untuk membuat tabel secara cepat (Quick), Microsoft word menyediakan berbagai macam table didalamnya.
3.Mempunyai fungsi untuk menampilkan tampilan exel pada Word, sehingga kita bisa membuat table menggunakan exel di dalam Word.
4.untuk menyisipkan tabel ke dalam dokument Microsoft word
5.Blok tabel yang ingin diformat Kolom (Column)-nya.
Klik Format.
Klik Column Width.
Lalu atur angkanya.
Klik OK.