- Siswa memahami fungsi motion tween.
- Siswa mampu membuat object kupu-kupu dengan oval tool.
- Siswa mampu menggerakkan sayap kupu-kupu.
- Siswa mampu menggunakan animasi motion tween.
- Siswa mampu menggunakan keyframe.
- Klik menu File>New...>New Document>pilih ActionScript 2.0>klik OK. lihat gambar 8.2. Gambar 8.3 dokument baru terbentuk.
Gambar 8.2 Membuat documen baru
Gambar 8.3 Dokumen Baru terbentuk
- Klik layer plane>klik menu Insert>New Simbol(Ctrl+F8)>Muncul popup Create New Simbol lihat gambar 8.4>name: kupu-kupu>type: Movie Clip>klik OK.
- Gambar 8.5 Movie clip berhasil dibuat.
Gambar 8.4 Membuat movie clip kupu-kupu
Gambar 8.5 movie clip kupu-kupu terbentuk
- Atur Stroke Color
- Edit gambar oval menjadi sayap seperti gambar 8.7 dibawah caranya:
- Klik Free Transform Tool
- Arahkan kursor ke tepi gambar hingga perubahan pada kursor tampak tanda lengkung putus-putus atau tanda siku.
- Tanda lengkungan putus-putus pada kursor gunanya untuk modifikasi lengkungan.
- Tanda siku atau sudut pada kursor gunanya untuk modifikasi pada titik point.
- Kemudian tariklah atau bentuklah sehingga menjadi seperti sayap, lihat gambar 8.7.
Gambar 8.6 membuat object oval
Gambar 8.7 Hasil edit dengan Free Transfor dan Selection Tool
- Tambahkan corak warna pada sayap dengan Oval Tool, corak warna boleh bebas silahkan dikreasikan sendiri. Lihat gambar 8.8.
- Rename layer 1 menjadi kiri, lihat garmbar 8.9.
Gambar 8.8 Menambahkan corak pada sayap
Gambar 8.9 Rename nama Layer
Gambar 8.10, klik kanan pada layer kiri kemudian pilih Duplicate Layers.
Gambar 8.11, layer bertambah menjadi 2 hasil duplicate kiri copy.
8.10 Gambar Duplicate layer kiri
Gambar 8.11 Hasil duplicate layer kiri copy
- Rename layer kiri copy menjadi kanan gambar 8.12.
- Klik Free Transform Tool
Gambar 8.12 Rename layer copy jadi kanan
Gambar 8.13 Tarik titik point sayap ke kanan
- Hasil setelah titik point dan kotak kecil ditarik dan diatur terlihat seperti digambar 8.14.
- Tambahkan layer baru dengan cara klik di kiri bawah New Layer pada Timeline sehingga hasilnya akan tampak pada gambar 8.15.
Gambar 8.14 menggeser kotak kecil hitam ke kanan
Gambar 8.15 Menambahkan layer baru
- Doubble klik di Layer 2 kemudian Rename namanya menjadi ulat gambar 8.16.
- Masih di layer ulat, klik frame 1 kemudian buat
badan kupu-kupu dengan Oval Tool
Gambar 8.16 Rename Layer 2 jadi ulat
Gambar 8.17 Membuat badan kupu-kupu dengan Oval Tool
- Supaya lebih mudah mengerjakannya klik Show/Hide
All Layer
- Kemudian buatlah antena di kepala ulat dengan Line
Tool
- Kemudian buatlah diatas antena bulat kecil
dengan Oval Tool
- Untuk membuat lengkungan antena seperti digambar 8.18
gunakan Selection Tool
Gambar 8.18 Membuat antena
Gambar 8.19 Pengatuan antena selesai
- Membuat garis-garis pada badan ulat dengan Line Tool
- Setelah pengaturan badan kupu-kupu selesai
tampilkan kembali Show/Hide All Layer
Gambar 8.20 Membuat Garis garis badan kupu-kupu
Gambar 8.21 Hasil akhir setelah Show/Hide All Layer di non aktifkan
- Posisi di Layer Kiri lalu klik frame 10 klik kanan akan muncul menu pilih Insert Frame lihat gambar 8.22.
- Hasil akhir Layer Kiri setelah ditambahkan insert frame lihat gambar 8.23.
Gambar 8.22 Layer kiri menambahkan frame baru di frame 10
Gambar 8.23 Hasil akhir layer kiri setelah ditambahkan insert frame
- Posisi di Layer kanan lalu klik frame 10 klik kanan akan muncul menu pilih Insert Frame lihat gambar 8.24.
- Hasil akhir layer kanan setelah ditambahkan insert frame lihat gambar 8.25.
Gambar 8.24 Layer kanan menambahkan frame baru di frame 10
Gambar 8.25 Hasil akhir layer kanan setelah ditambahkan insert frame
- Posisi di Layer ulat lalu klik frame 10 klik kanan akan muncul menu pilih Insert Keyframe lihat gambar 8.26.
- Hasil akhir Layer ulat setelah ditambahkan insert keyframe lihat gambar 8.27.
Gambar 8.26 Layer ulat menambahkan keyframe baru di frame 10
Gambar 8.27 Hasil akhir layer ulat setelah ditambahkan insert keyframe
- Posisi di layer kiri lalu klik di frame 10, klik kanan akan muncul menu pilih Create Motion Tween lihat gambar 8.28.
- Hasil akhir layer kiri setelah ditambahkan Create Motion Tween lihat gambar 8.29. perintah untuk menconvert ke simbol klik OK.
Gambar 8.28 Layer kiri menambahkan Create Motion Tween di frame 10
Gambar 8.29 Hasil akhir layer kiri setelah Create Motion Tween
- Masih di layer kiri posisi kursor di fame 10, setelah diklik OK maka Layer akan berubah tandanya sudah ada animasi lihat gambar 8.30.
- Posisi di layer kiri:
- klik frame 10 kemudian tarik titik point sayap kiri ke titik hitam kanan lihat gambar 8.31.
- klik kotak hitam kecil kiri kemudian tarik kekanan sehingga menjadi seperti gambar 8.31.
Gambar 8.30 Menarik titik point ke kanan
Gambar 8.31 Menarik titik point ke kanan
- Posisi di layer kanan lalu klik di frame 10, klik kanan akan muncul menu pilih Create Motion Tween lihat gambar 8.32.
- Hasil akhir layer kanan setelah ditambahkan Create Motion Tween lihat gambar 8.33. perintah untuk menconvert ke simbol klik OK.
Gambar 8.32 Layer kanan menambahkan Create Motion Tween di frame 10
Gambar 8.33 Hasil akhir layer kanan setelah create motion tween
- Masih di layer kanan posisi kursor di fame 10, setelah diklik OK maka Layer akan berubah tandanya sudah ada animasi lihat gambar 8.34.
- Posisi di layer kanan:
- klik frame 10 kemudian tarik titik point sayap kiri ke titik hitam kanan lihat gambar 8.35.
- klik kotak hitam kecil kiri kemudian tarik kekanan sehingga menjadi seperti gambar 8.35.
Gambar 8.34 Menarik titik point ke kiri
Gambar 8.35 Menarik titik point ke kiri
- Gambar 8.36, untuk melihat hasil dari pekerjaan yang kita buat tekan enter atau bisa pilih menu Control>>Play.
Gambar 8.36 Tekan Enter di keyboard untuk melihat hasilnya.
PERTANYAAN
Apakah fungsi menu insert frame?
Apakah fungsi menu insert keyframe?
Jelaskan apa yang disebut animasi motion tween!
Apakah fungsi titik point pada object?
Apakah fungsi Free Transform Tool?
Apakah fungsi kotak hitam kecil pada object pada saat menggunakan Free Transform Tool?
Jelaskan bagaimana caranya menjalankan animasi adobe flash!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar